Alternate Text
Tips & Advice 0-6 Bulan

Manjakan Buah Hati dengan Pijatan Halus dan Lembut Ala Spa Bayi

Bagi ibu, merawat bayi merupakan pengalaman yang membahagiakan. Salah satunya saat memandikan dan memijat lembut bayi agar dia lebih nyaman. Tak perlu pergi ke spa khusus, Anda bisa memanjakannya di rumah kapanpun diinginkan.
    
Salurkan Cinta Lewat Baby Spa


Tak ada bedanya dengan spa bagi orang dewasa, pada dasarnya spa bayi adalah serangkaian proses perawatan untuk membersihkan dan merawat bayi yang terdiri dari pijatan lembut, mandi, hingga memberikan sentuhan akhir agar wangi dan terawat.
Saat memandikan bayi, Anda akan melakukan kontak fisik dan emosi dengannya. Pijatan hangat, pelukan, ciuman, tawa dan kata-kata manis membuat bayi merasakan kehangatan cinta Anda, hal ini akan meningkatkan emotional bonding antara Anda dan bayi.

Kapan Bayi Boleh Baby Spa?


Bayi mengalami masa transisi dari dunia di dalam kandungan ke dunia di luar kandungan yang kondisinya sangat berbeda. Masa transisi ini biasanya berlangsung selama 1 bulan. Jadi, baby spa sebaiknya dilakukan setelah bayi melewati masa transisi tersebut, walaupun bukan tidak mungkin dilakukan sebelumnya namun harus dengan sangat hati-hati. Baby spa dapat diterapkan kepada bayi sehat karena bayi yang sehat akan mampu mentoleransi suhu hangat dari air maupun kulit Anda. Hindari melakukan baby spa kepada bayi prematur ataupun kepada bayi yang sedang sakit.

Mandi Menyenangkan


Kulit bayi yang sensitif tentu membutuhkan sentuhan perawatan yang berbeda. Jika dilakukan dengan tepat, tak hanya kebersihan kulit bayi terjaga. Bermain air juga membantu menstimulasi indra perabanya.


•    Pastikan air yang digunakan hangat
•    Awali dengan memasukkan kaki ke dalam bak mandi bayi atau bathtub, lalu diikuti anggota badan yang lain.
•    Bersihkan tubuh bayi menggunakan sabun khusus yang mampu menjaga kelembapan dan kesegaran kulitnya.
•    Jangan lupa untuk membersihkan bagian kepala dengan shampo khusus bayi yang tidak pedih di mata.
•    Kemudian, basuh bayi hingga bersih menggunakan air hangat.
•    Jika sudah selesai, keringkan tubuh dan kepala bayi menggunakan handuk lembut.

Pijatan Lembut Menenangkan


Saat melakukan pemijatan, Anda harus santai dan punya banyak waktu luang, sehingga tidak terburu-buru maupun sambil menyelesaikan pekerjaan lain. Dengan demikian, perhatian Anda fokus tercurah kepadanya. Perhatikan hal-hal berikut saat melakukan massage pada bayi:


1.    Lakukan Dengan Lembut. Pijat tubuh bayi dengan lembut di wajah, dada, perut, kaki, tangan, dan punggung. Bagi bayi yang baru lahir pemijatan dilakukan dengan usapan halus lembut di tangan, kaki, bahu, dan punggung saja.


2.    Just Do It. Inti pemijatan pada bayi adalah gerakan mengusap atau menyentuh. Untuk melicinkan pergerakan tangan saat memijat, Anda bisa menggunakan baby oil yang juga bisa membantu melembapkan kulit si Kecil.


3.    Timing. Secara umum, pemijatan cukup dilakukan selama 15-20 menit.

Tak hanya membantu pencernaan bayi agar bekerja dengan baik sehingga tidak mudah sembelit dan juga menyusu lebih banyak, pemijatan bayi juga membantu membuat bayi tenang sehingga tidak mudah rewel dan gelisah. Sedangkan untuk Anda, memijat lembut bayi akan merangsang produksi hormon oksitosin Anda dan juga bayi. Oksitosin adalah hormon yang menimbulkan perasaan nyaman dan cinta sehingga tercipta bonding antara Anda dan bayi.
    
Setelah mandi, lanjutkan dengan menghangatkan tubuh bayi menggunakan minyak telon untuk mencegah dan mengatasi perut kembung. Oleskan 3-5 tetes minyak telon di bagian dada, perut, punggung, serta telapak kaki bayi. Pastikan ia semakin nyaman dengan mengenakan baju yang terbuat dari bahan yang halus dan menyerap keringat.

Sumber:


•    Buku Perawatan Bayi Baru (Penulis : Tim Ayahbunda)
•    Buku Seri Ayahbunda : Bayi Sehat & Terawat (September 2005)
•    Buku Pintar Pijat Bayi (penulis: Ds Prasetyono) – Penerbit Buku Biru, 2014
•    Buku Pedoman Pijat Bayi (dr. Utami Roesli, SpA, MBA, CIMI) – Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, 2008