Resep Bubur Bayi
Article 6-12 Bulan

Wajib Coba! Resep Bubur Bayi 8 Bulan

Download resep menu hebat untuk anak hebat Bebelac sekarang!

Bulan Ramadan akan segera tiba. Ketika bulan suci ini tiba, seluruh umat muslim akan menunaikan ibadah Puasa. Nah, yang paling sering terlihat sibuk ketika bulan suci Ramadan datang adalah para ibu-ibu.

Pasalnya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh seorang ibu. Sebagai contoh, memilih menu makan untuk sahur hingga berbuka Puasa, membangunkan seluruh anggota keluarga ketika jadwal sahur tiba, hingga beragam aktivitas yang tidak mudah lainnya.

Maka dari itu, sebagai seorang ibu, kita harus benar-benar menyiapkan diri untuk menyambut bulan ini. Pastikan kondisi tubuh selalu berada dalam keadaan sehat.

Salah satu yang menantang bagi seorang ibu adalah mereka yang mempunyai bayi. Meskipun si kecil tidak berpuasa, kita harus tetap memastikan dia untuk mendapatkan asupan bergizi. Apalagi bagi bayi yang masih berusia 8 bulan.

Si kecil membutuhkan kalori yang lebih banyak dari asupan nutrisi yang didapatkannya dari air susu ibu (ASI) pada saat berusia di atas 8 bulan. Saat berada di usia seperti ini, ibu sebaiknya mulai mengenalkan si kecil makanan padat pertamanya.

Namun, banyak ibu yang kurang paham mengenai hal ini. Di usia 8 bulan, tidak sedikit bayi yang telah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI), padahal makanan seperti ini bisa jadi kurang cocok dengan pencernaan si kecil. Sebab perut bayi belum siap untuk mendapatkan makanan padat seperti ini.

Syarat pemberian MPASI untuk bayi yang berusia 8 bulan adalah dari segi jenis sebaiknya mengandung 2 jenis bahan dasar. Untuk tekstur, sebaiknya semi cair dan dihaluskan secara bertahap kurangi campuran air sehingga menjadi semi padat.

Makanan utama 2-3 kali sehari kemudian untuk camilan 1-2 kali sehari. Porsi setiap makan dimulai dengan 2-3 sendok makan dan ditingkatkan secara bertahap hingga ½ mangkok kecil atau setara dengan 125ml.

Nah, bagaimana membuatnya? Di bawah ini resep bubur bayi 8 bulan yang direkomendasikan. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

Puree Ubi Kuning untuk 2 Porsi

Bahan utama yang harus disiapkan:

  • 50 gram ubi kuning
  • 150 ml ASI/PASI

Adapun cara membuat bubur puree ubi kuning adalah sebagai berikut:

  1. Ubi kuning yang telahh disiapkan dipotong-potong menjadi dadu dengan ukuran kecil-kecil. Pastikan ubi tersebut telah dikuliti dan dicuci. Kukus menu utama ini dalam dandang dengan suhu panas hingga teksturnya melunak.
  2. Setelah dimasak, angkat dan haluskan ubi kuning tersebut bersama air bekas mengukusnya sebanyak 100 ml. Kemudian, kamu dapat menambahkan ASI/PASTI tadi dan aduk hingga rata secara menyeluruh.
  3. Jika sudah tercampur, tuangkan ke dalam mangkuk berukuran kecil saja atau wadah yang biasa kamu gunakan untuk makanan si kecil. Sajikan puree ubi kuning ini dalam keadaan hangat. Namun, pastikan kamu tidak menyuapkan makanan ini ke bayi dalam keadaan panas.

Puree Kacang Polong untuk 2 Porsi

Bahan yang dibutuhkan:

  • 155 gram kacang polong beku
  • 2 lembar daun mint segar
  • ASI/PASI

Sementara cara membuat puree kacang polong ini adalah sebagai berikut:

  1. Kacang polong yang beku ini sebaiknya di cairkan terlebih dahulu. Jika sudah cair, maka kukus kacang polong tersebut di atas api sedang dengan waktu selama 4 menit. Tunggu hingga empuk.
  2. Apabila kacang telah empuk, saatnya untuk mengangkat, meniriskan, dan menyirammnya dengan air es agar cepat mendingin. Setelah itu, masukkan kacang polong yang telah dingin ini ke dalam food processor atau blender.
  3. Lembaran daun mint segar tadi sebaiknya kamu cincang hingga halus terlebih dahulu. Namun, jika tidak sempat, kamu juga bisa melewatkan tahapan ini.
  4. Campurkan daun mint tadi ke dalam food processor atau blender yang digunakan dan proses hingga halus dan tercampur merata.
  5. Agar dapat menyesuaikan teksturnya dengan kemampuan mengunyah si kecil, kamu harus menambahkan sedikit ASI/PASI.

Puree Pepaya Pisang untuk 1 Porsi

Bahan yang dibutuhkan:

  • 40 gram pisang ambon, dikukus dan dikupas kulitnya
  • 40 gram pepaya, dikupas kulitnya kemudian dikukus
  • 3 sendok makan air

Cara membuat:

  1. Masukkan pisang, pepaya, dan air ke dalam blender. Kemudian blender hingga halus.
  2. Tuaang ke dalam mangkuk, sajikan, dan siap diberikan ke bayi

Nah, itu tadi resep bubur bayi 8 bulan yang baik untuk si kecil. Seluruh resep tadi pun memungkinkan kamu untuk membuatnya sendiri di rumah, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan mengenai higenis atau tidaknya makanan tersebut.