Tips & Advice 0-6 Bulan

Manfaat ASI Untuk Pencernaan Si Kecil

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang paling rawan terjadi pada bayi. Bila tak ditangani secara tepat, penyakit ini bahkan bisa berakibat fatal. Tapi, selama Ibu memberikan ASI kepada bayi Ibu, tak perlu terlalu khawatir.

Sejumlah penelitian dan observasi klinis menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI lebih jarang mengalami kejadian infeksi, alergi dan penyakit lainnya. Seperti kita ketahui bersama, sistem pencernaan merupakan salah satu sistem tubuh yang sangat rawan kontaminasi bakteri dan kuman.

Saat mengkonsumsi ASI, pertumbuhan Bifidobacteria (bakteri baik) meningkat. Bakteri sehat seperti Bifidobacteria, menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA), yang digunakan sebagai sumber energi oleh sel yang melapisi permukaan usus. Ini berarti sel-sel tersebut dapat memproduksi lebih banyak mucus (lendir) dengan konsistensi yang lebih kental, sehingga mampu menurunkan resiko infeksi. Efek ini sangatlah penting karena pertahanan usus bayi yang baru lahir belum berkembang secara sempurna sehingga meningkatkan risiko infeksi oleh bakteri berbahaya. Hasilnya, sistem pencernaan bayi lebih kebal terhadap penyakit dan bayi tersebut lebih jarang menderita diare.

Fakta juga menunjukkan bahwa 80% imunitas bayi berada pada sistem saluran cernanya. Kesehatan saluran cerna ditentukan oleh lapisan mucus (lapisan dinding usus) yang dibentuk oleh bakteri baik yang hidup secara alami di saluran cerna bayi. Lapisan mucus inilah yang akan membantu mencegah kuman-kuman masuk ke dalam tubuh bayi. Semakin baik lapisan ini, semakin baik pula daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit.

Sungguh luar biasa manfaat pemberian ASI ya, Bu?