arti tangisan bayi
Tips & Advice 13-28 Minggu

Ini Arti Tangisan Newborn yang Perlu Diketahui Orangtua

Bayi identik dengan menangis, baik itu dikarenakan lapar, panas, atau pun popoknya penuh. Umumnya, bayi menangis sekitar satu hingga tiga jam per hari. Pada suatu kesempatan juga, bayi menangis untuk mencari perhatian karena mulai mengerti tentang suara, tersenyum, dan juga perasaan. Tangisan tersebut juga merupakan bentuk komunikasi bayi dengan orangtuanya atau pun orang lain.

Bayi tertidur sepanjang malam dan hanya menangis ketika lapar hanyalah impian belaka. Nyatanya, waktu bermain yang disukai oleh bayi adalah setelah pukul 2 pagi. Orangtua akan merasa jengkel apabila bayi menangis untuk waktu yang lama dan ketika tidak berada di rumah.

Apakah ibu merasa familiar dengan hal ini? Pada hari-hari tertentu bahkan bayi tersebut menangis hingga lebih dari dua jam. Hal yang harus ibu lakukan adalah mencari tahu mengapa bayi tersebut menangis dan apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Arti Tangisan Bayi

Ketika menangis sebenarnya bayi mencoba memberitahu sesuatu kepada orangtuanya. Ibu hanya perlu mencari tahu mengapa bayi tersebut menangis dan bagaimana cara mengatasinya. Ibu harus mempertimbangkan apa yang dipikirkan oleh bayi ketika menangis. Beberapa hal yang mungkin diungkapkan oleh bayi ketika menangis adalah:

1. Bayi Lapar

Pada umumnya, bayi yang baru lahir akan makan setiap beberapa jam. Beberapa bayi merasakan panik ketika ia merasa lapar. Untuk menghindari rasa jengkel ketika Si Kecil sering menangis adalah kenali tanda-tanda awal ketika bayi kelaparan. Bayi yang sering bersendawa akan mengurangi rasa tidak nyaman yang membuatnya menangis.

Jika ibu menyusui bayi, rasa susu yang dihasilkan mungkin akan berubah sebagai respon dari apa yang ibu makan dan minum. Apabila ibu curiga makanan atau minuman tertentu membuat bayi lebih gusar daripada biasanya, hindarilah mengonsumsinya. Kemudian, lihat selama beberapa hari apakah terdapat perbedaan pada bayi kamu. Lalu, apabila ibu memberikan susu formula pada Si Kecil, dokter menyarankan untuk mengganti susu formula apabila membuatnya gusar.

2. Bayi Ingin Mengisap Sesuatu

Bayi menangis bisa berarti ia ingin mengisap sesuatu. Bagi kebanyakan bayi, mengisap sesuatu adalah refleks alami dan aktivitas yang menghibur serta menenangkan. Apabila bayi tidak lapar, mungkin ibu dapat memberikannya dot atau mengarahkan jari atau jempolnya ke mulut agar ia tetap tenang.

3. Bayi Merasa Kesepian

Merasa kesepian dapat menjadi arti tangisan bayi. Terkadang tangisan bayi akan mereda apabila mendengar suara atau pun merasakan pelukan dari orangtuanya. Dengan tenang dan perlahan, pegang Si Kecil ke dada. Lalu posisikan bayi di sebelah kiri agar pencernaannya tidak terganggu. Melakukan tepukan lembut di punggung juga dapat menenangkan bayi yang menangis.

4. Bayi Merasakan Lelah

Arti tangisan bayi lainnya adalah mungkin ia merasa lelah. Bayi yang merasa kelelahan akan lebih rewel, karena bayi membutuhkan lebih banyak waktu tidur. Bayi yang baru lahir dapat tidur hingga 16 jam per hari, dan bahkan beberapa bayi dapat tidur lebih dari itu.

5. Popok Bayi Basah

Bayi dapat menangis apabila ia merasakan popoknya basah atau kotor. Untuk itu, orangtua harus sering mengecek apakah popoknya basah atau ia buang air besar.

6. Bayi Ingin Berpindah Lokasi

Ketika bayi ingin meminta digendong atau berjalan ke ruangan lain, mungkin ia akan menangis. Arti tangisan bayi berarti ia ingin mengubah posisi karena merasa bosan. Cobalah letakkan bayi di kasur yang dapat diayun dan ayunkan secara perlahan. Ibu juga dapat menggendongnya hingga tangisannya reda.

7. Bayi Lebih Suka Dibundel

Sebagian bayi merasa lebih merasa aman ketika ia dibundel. Bungkus erat bayi kamu dengan selimut kecil agar ia merasa hangat dan nyaman.