Article #GrowThemGreat

Cara Merangsang Kecerdasan Otak Anak di dalam Kandungan

By Bebelac Indonesia  |  Selasa 01 Mei 2018

Tahukah Ibu bahwa potensi kecerdasan si Kecil tak lepas dari faktor gizi sejak dalam kandungan? Karena di masa ini, pembentukan otak bayi sudah dimulai. Dan kualitas otak akan tergantung pada kualitas stimulasi serta nutrisi yang ia peroleh sejak dalam kandungan hingga 3 tahun pertama.

Jadi semakin dini dan bervariasi stimulasi yang diterima, semakin optimal pula perkembangan otaknya. Anak pun kelak bisa tumbuh jadi anak yang hebat dan bisa Ibu banggakan. Lalu apa saja yang bisa Ibu lakukan untuk bisa menumbuhkan bibit anak hebat sejak dalam kandungan? Yuk simak cara merangsang kecerdasan otak anak berikut ini.

  1. Mengajak berinteraksi

Ibu bisa menstimulasi dengan mengajak janin berbicara, mengobrol, menyanyikan lagu dan membacakan doa sambil mengelus-elus perut. Lakukan setiap hari dan setiap saat sambil Ibu beraktivitas.

Berdasar penelitian para ahli, stimulasi dini bisa meningkatkan kecerdasan 15-30% lebih tinggi. Selain itu, ia akan cepat mahir bicara, menirukan suara, menyebut kata pertama, hingga mengembangkan pola sosial lebih baik saat ia dewasa.

  1. Memperkaya wawasan

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai dasar perawatan bayi, persiapan yang harus Ibu lakukan hingga perawatan bayi sejak lahir di rumah sakit hingga apa saja yang perlu Ibu siapkan di tiap perkembangannya.

  1. Berolahraga

Olahraga bisa melancarkan pasokan oksigen dan energi sehingga peredaran darah lebih lancar dan janin pun mendapat pasokan oksigen dengan baik. Sebaiknya lakukan dengan konsultasi dokter untuk jenis, porsi dan frekuensi olahraga yang sesuai dengan keadaan kehamilan Ibu.

  1. Menerapkan kebiasaan positif

Karena setiap hal positif yang dilakukan dan dipikirkan Ibu akan mengalir pada janin. Jadi jika selama di kandungan ia terbiasa dirangsang dengan perasaan positif maka begitulah ia dilahirkan. Ibu bisa melakukannya dengan membaca kisah menghibur, menikmati  musik, film, dan sebagainya.

  1. Memenuhi zat gizi

Untuk bisa mengoptimalkan pertumbuhannya, sel otak janin butuh akan asupan zat gizi dari Ibu. Karena jika tidak terpenuhi, bisa saja terjadi kecacatan permanen dan kelainan fungsi alat tubuh yang bisa mempengaruhi tingkat kecerdasannya.

Beberapa zat gizi yang penting untuk Ibu konsumsi selama kehamilan antara lain:

-        Karbohidrat. Sebagai sumber kalori dan energi terpenting.

-        Kalsium. Penting untuk pembentukan dan perkembangan tulang, otot, sistem saraf, jantung dan tengkorak janin.

-        Protein. Berfungsi untuk pembentukan sel otak dan mengantarkan rangsangan di otak.

-        Vitamin. Termasuk di dalamnya asam folat yang bermanfaat mengurangi resiko kelainan saraf dan cacat otak. Biasanya konsumsi asam folat dari makanan belum menjamin terpenuhinya kebutuhan. Untuk itu, biasanya Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi suplemen setiap harinya.

-        Mineral. Salah satu mineral penting selama kehamilan adalah zat besi. Nutrisi ini bermanfaat untuk pembentukan myelin di otak.

-        Asam lemak esensial. Yaitu DHA dan AA yang penting bagi perkembangan saraf di otak. Ada pula omega 3 dan omega 6 membantu proses perkembangan otak janin.

Dengan stimulasi yang tepat sejak dini dari dalam kandungan, Ibu pun bisa membantu si Kecil kelak untuk tumbuh jadi generasi hebat. 

Artikel Selanjutnya

Baca Selengkapnya
Baca Selengkapnya