Tips & Advice 1-12 Minggu

Keguguran

Mengapa Saya Bisa Mengalami Keguguran?

Keguguran pasti merupakan cobaan berat bagi Ibu dan pasangan.  Banyak yang kemudian bertanya, mengapa ini terjadi pada saya? Memang terdapat beberapa faktor penyebab keguguran yang harus Ibu pahami sejak awal kehamilan.

Keguguran bisa terjadi pada minggu ke-13 kehamilan atau justru pada trimester akhir kehamilan (>24 minggu). Kasus keguguran pada awal kehamilan biasanya disebabkan oleh kondisi janin yang tidak normal.  Akibatnya, janin tidak dapat berkembang dalam rahim Ibu.

Saat kehamilan tua, keguguran bisa terjadi karena berbagai kondisi,misalnya infeksi, plasenta dan rahim yang tidak normal, atau serviks (mulut rahim) yang lemah.  Ada 2 test yang digunakan untuk mendeteksi kondisi  janin, yaitu amniosintesis dan Chorionic Villus Sampling (CVS). Jika Ibu harus menjalani test ini, minta dokter untuk menjelaskan proses  dan resiko-resikonya.

Apa Tanda-Tanda Keguguran?

Saat kehamilan awal, Ibu harus waspada bila tiba-tiba vagina mengeluarkan darah seperti menstruasi dalam jumlah banyak. Saat hal ini terjadi, Ibu biasanya akan merasakan nyeri perut. Sedangkan pada kasus keguguran pada kehamilan tua, biasanya hanya dapat diketahui saat denyut jantung bayi tidak ditemukan dalam pemeriksaan USG.

Bagaimana Cara Menghindarinya?

Keguguran memang bisa terjadi pada siapa saja. Tapi, kita dapat berusaha semaksimal mungkin untuk menghindarinya.  Pola hidup sehat memang menjadi kunci utama pencegah keguguran.  Saat mengetahui diri kita hamil, segera berhenti merokok, hindari konsumsi kafein, dan makan makanan sehat bergizi seimbang.

Perhatian khusus dibutuhkan bila Ibu menderita diabetes, penyakit ginjal, penyakit tiroid, lupus, atau punya riwayat keguguran.  Sebaiknya Ibu berkonsultasi pada dokter pada kehamilan berikutnya, karena penderita penyakit tersebut memiliki resiko keguguran lebih tinggi.  Hati-hati juga bila sebelumnya Ibu punya riwayat keguguran, terutama saat berhubungan seks selama kehamilan trimester awal.

Mengatasi Stress Akibat Keguguran

Menangis dan menyesali keadaan pasti akan dialami oleh Ibu yang mengalami keguguran.  Bersabar ya, Bu dan cobalah untuk menerima keadaan dengan berpikir positif.  Percayalah, pasti Tuhan punya rencana yang lebih baik untuk Ibu dan pasangan.

Jangan ragu untuk meminta orang-orang tercinta di sekitar Ibu untuk membantu mengatasinya.  Ibu juga bisa bergabung di forum Bebeclub dan berbagi pengalaman dengan sesama Ibu. Ada juga asosiasi atau perkumpulan yang khusus memberi dukungan emosional untuk Ibu.  Sabar ya, there are a lot of ways to your next pregnancy.