Tips & Advice 29-40 Minggu

Jarak Kehamilan Yang Baik

Keuntungan Hamil Berdekatan


Jika kehamilan berjarak dekat ini bukan bagian dari rencana Ibu dan pasangan, jangan keburu panik! Hamil dan melahirkan memang sebuah pengalaman luar biasa. Tapi mengulanginya dalam jarak terlalu dekat, seringkali menimbulkan perasaan khawatir akan kesanggupan Ibu untuk menjalaninya.


Sebenarnya, kehamilan jarak dekat juga memiliki banyak keuntungan kok, Bu. Banyak Ibu yang mengalaminya justru merasa kehamilan keduanya terasa lebih mudah. Semua perlengkapan bayi pertama juga masih lengkap dan dalam kondisi bagus. Selain itu, Ibu sudah lebih terbiasa dengan tata cara perawatan bayi baru. Jadi, jangan khawatir. Ibu akan bisa menjalaninya dengan baik!


Sisi positif lainnya, memiliki anak dengan jarak usia yang berdekatan juga memudahkan Ibu membuat perencanaan karir di masa depan. Bisa saja, Ibu memutuskan untuk fokus mengurus anak selama 2-3 tahun ke depan, lalu mulai mengejar karir setelah mereka memasuki usia sekolah.


Tetap jaga kondisi Ibu


Menjadi Ibu baru sekaligus hamil pasti akan cukup menguras waktu dan tenaga Ibu. Tapi ingat, tetap upayakan untuk makan teratur dan menjalani diet sehat berimbang. Sediakan selalu makanan sehat yang mudah diolah, seperti pasta, sayur, dan buah.


Kesibukan mengurus bayi juga sering membuat Ibu lupa untuk menjaga kesehatan. Ingat, bayi dalam kandungan Ibu juga tetap harus mendapat perhatian. Coba lakukan olahraga ringan secara teratur, misalnya berjalan kaki santai sambil mengajak sang kakak di kereta dorongnya. Atur waktu istirahat yang cukup agar stamina Ibu selalu terjaga. Diskusikan juga tentang urusan rumah tangga dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya, agar Ibu punya waktu luang untuk beristirahat.


Tetap semangat ya, Bu!