Tips & Advice 6-12 Bulan

7 Cara Mengatasi Anak Agar Tidak Bertengkar di Sekolah

Pertemanan merupakan bagian penting dari perkembangan seorang anak. Mempunyai teman-teman yang sebaya akan membantu si Kecil lebih mandiri di luar lingkungan keluarga. Selain itu, hal ini juga akan mempersiapkan mereka untuk membangun hubungan saling percaya dan empati di antara sesama manusia.

Namun, pertemanan sering kali terbagi ke dalam kelompok-kelompok. Ada yang berkelompok sesuai dengan minat bersama seperti olahraga, kegiatan, kelas, atau bahkan hubungan antar keluarga. Selain kelompok besar tadi, ada juga kelompok pertemanan dalam lingkup yang lebih kecil.

Kelompok kecil ini terbentuk di sekitar lingkungan karena adanya kepentingan bersama, diatur oleh aturan-aturan yang dibuat pemimpin tersebut, misalnya pakaian apa yang harus dikenakan atau kegiatan apa yang wajib dilaksanakan. Sayangnya, munculnya kelompok-kelompok ini sering kali menimbulkan hal buruk seperti saling mengolok-olok hingga bertengkar.

Situasi ini pun mudah ditemui di sekolah. Daniel A. McFarland, seorang profesor di Stanford Graduate School of Education menjelaskan bahwa sekolah memang secara tidak langsung membentuk kondisi di dalam masyarakat, termasuk anak-anak.

Ketika seorang anak kecil berkelahi, hal ini patut diwaspadai oleh guru dan orang tua. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak bertengkar di sekolah? Yuk, simak 7 di antaranya berikut ini!

Ceritakan Pengalaman yang Berhubungan

Bagikan pengalaman Ibu saat sekolah mengenai keberadaan kelompok-kelompok yang memang sering memulai pertengkaran. Temukan cerita yang berhubungan dengan pertengkaran tersebut dan sampaikan bahwa hal-hal seperti ini sering terjadi.

Bantu si Kecil Melihat Perspektif Berbeda

Bertengkar dengan teman sekolah bisa diatasi dengan membantu si Kecil melihat perspektif dari sebuah masalah. Ingatkan kepadanya saat marah bahwa perasaan itu dapat berubah dengan cepat. Mereka yang berbuat tidak baik sering dikarenakan oleh kurangnya rasa percaya diri.

Libatkan Dalam Kegiatan Lainnya

Membangun hubungan persahabatan di luar sekolah juga penting untuk menghindarkan si Kecil dari bertengkar di sekolah. Libatkan mereka dalam kegiatan lain seperti kelas seni, olahraga, bela diri, atau kelas bahasa.

Temukan Teman yang Tepat

Dorong si Kecil untuk berpikir mengenai apa alasan utama untuk bergabung di sebuah kelompok. Menemukan teman yang tepat akan membantu si Kecil menghindari perselisihan.

Buat Lingkaran Pertemanan yang Luas

Anak-anak pun perlu diajak untuk membuat lingkaran pertemanan yang luas dari berbagai latar belakang, usia, dan minat yang berbeda sehingga pikirannya bisa lebih dewasa.

Bangun Sudut Pandang Positif

Melihat hal-hal positif di dalam hidup akan membantu si Kecil membangun sudut pandangnya yang positif. Selalu ajarkan kepadanya bahwa dengan berprestasi seseorang bisa berkontribusi pada kesejahteraan lingkungannya di sekolah.

Ajari untuk Bertanggung Jawab

Terakhir, pertengkaran sebenarnya bisa diatasi dengan mengajari si Kecil bertanggung jawab atas kelakuan dan tindakan yang diambil. Ingatkan mereka untuk selalu menghargai pendapat, minat, serta pilihan orang lain.

Demikian tadi beberapa cara untuk mengatasi pertengkaran yang sering muncul di antara anak-anak di sekolah. Asah perasaan empati si Kecil dan bantu proses tumbuh kembangnya dengan memberikan asupan berupa susu Bebelac 5 sehari-hari.

Produk ini diperkaya dengan formula HiQ-EQ+ yang mendukung fokus dan konsentrasi anak. Di dalamnya memiliki kandungan kombinasi minyak ikan, Omega-3 dan Omega-6, kalsium yang lebih tinggi, dan FOS: Inulin untuk dukung kemampuan fokus dan konsentrasi si Kecil. Adanya kandungan DHA, LA/ALA, Kolin, dan zat besi pun baik untuk perkembangan otak.