Alternate Text
Mom's Pedia 29-40 Minggu

Mengintip Perkembangan Janin usia 34 Minggu

Perkembangan si Kecil

 

Selamat, hari bahagia Ibu semakin dekat. Tinggal sekitar 6 mingguan lagi dari perkiraan tanggal melahirkan si Kecil. Tubuhnya juga semakin siap lahir, dengan bobot sekitar 2 kg dan panjang 45 cm. Menjelang kelahirannya, perkembangan berat bayi bisa mencapai 200-300 gram setiap minggu. Kulit bayi semakin tebal dengan jaringan lemak yang melindunginya dari perubahan suhu. Bayi juga terus menerima antibodi dari tubuh ibunya sebagai bekal persiapan diri untuk keluar dari ketuban yang aman.

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Banyak keluhan yang akan Ibu rasakan saat kehamilan semakin besar. Mulai dari sulit tidur, kaki kram, hingga terlalu sering buang air kecil. Agar dapat tidur lebih nyaman, biasakanlah tidur miring ke kiri. Posisi ini membantu memperlancar peredaran darah, fungsi ginjal, hati, maupun pencernaan. Saat perut semakin besar, hindarilah tidur dalam posisi terlentang, karena dapat menimbulkan rasa pusing, jantung berdebar, dan perubahan tekanan darah. Tidur dengan posisi kaki terganjal bantal juga dapat membantu mengurangi terjadinya kaki kram.

Untuk mengurangi intensitas buang air kecil di malam hari, cobalah untuk tidak terlalu banyak minum menjelang tidur. Upayakan asupan cairan banyak dilakukan di pagi, siang dan sore hari. Meskipun bolak-balik ke toilet lumayan melelahkan, jangan pernah menahan buang air kecil ya, Bu. Hal ini bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan infeksi kandung kemih.

 

Tahukah Ibu?

 

Ternyata saat dalam kandungan, bola mata semua bayi berwarna biru. Butuh waktu beberapa minggu untuk proses pigmentasi, yang kemudian akan merubah warna bola matanya sesuai gen dan ras orang tua.