Mom's Pedia Balita

Manfaat Anak Bermain Bersama Teman Sebaya

John W. Santrok, seorang pengajar pada program Psikologi dan Perkembangan Manusia di Universitas Texas, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa permainan adalah sebuah kegiatan menyenangkan yang dilakukan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri.

Sementara peneliti psikoanalisis Sigmund Freud dan Erik Erikson mengenalkan konsep bermain sebagai suatu bentuk penyesuaian diri manusia yang berguna untuk membantu anak menguasai kecemasan dan konflik yang terjadi. 

Bermain sendiri menjadi salah satu bentuk kegiatan sosial yang sangat mendominasi pada masa-masa awal pertumbuhan si Kecil. Aktivitas bermain pun akan banyak dilakukan di luar terutama di sekolah dengan melibatkan beberapa teman sebaya.

Kegiatan ini juga lebih menarik si Kecil dibandingkan dengan aktivitas lainnya sehingga anak-anak kerap menjadikan bermain dengan teman sebayanya sebagai proses belajar.Selain belajar, masih ada beberapa manfaat anak bermain bersama dengan teman sebayanya. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

Pengembangan Otak

Ketika si Kecil bermain dengan teman yang seumurannya, maka secara tidak langsung dia sedang menumbuhkan dan mengembangkan hubungan yang sehat di antara jaringan-jaringan otaknya. Hal ini dikenal sebagai faktor neurotropik yang berkaitan erat dengan sistem saraf.

Menghindari Kegemukan

Selain itu, bermain bersama teman akan membuat si Kecil terhindar dari kegemukan atau obesitas. Hal ini dibuktikan dari penelitian berjudul Combating in Head Start: Outdoor Play and Change in Children’s Body Mass Index di Universitas Texas, Amerika Serikat yang menemukan bahwa anak-anak yang bermain di luar ruangan selama 37 menit per hari akan mengalami penurunan risiko obesitas sebesar 42%.

Peningkatan Kemampuan Akademik

Kathy Hirsh-Pasek, seorang profesor psikologi di Universitas Temple, Philadelphia, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa ujian juga bisa dilakukan dengan cara bermain. Sebagai contoh, permainan susun balok dengan teman-teman sebaya bisa membantu pengembangan bahasa, pengetahuan umum, dan peningkatan motivasi intrinsik si Kecil.

Pengembangan Kemampuan Berpikir

Terakhir, salah satu manfaat penting ketika anak bermain bersama dengan temannya yaitu pengembangan kemampuan berpikir. Cara paling mudah bagi si Kecil untuk memperoleh pengetahuan adalah melalui bermain.

Permainan dengan teman sebaya tidak hanya menambah pengetahuan mereka satu sama lain, tapi juga mempengaruhi ekspresi dan perilaku emosi bahkan mengasah empatinya selama bermain.

Demikian tadi beberapa manfaat anak bermain bersama dengan teman-temannya yang sebaya. Untuk mendukung daya tanggapnya dalam bersosialisasi, jangan lupa untuk Satu hal yang penting untuk. Ibu lakukan yakni memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan memberikan Bebelac 4.

Susu ini mengandung formula HIQ-EQ yang disempurnakan dengan minyak ikan serta Omega-6 yang lebih tinggi dan terbukti secara klinis. Bebelac 4 juga mengandung 13 vitamin dan 9 mineral dengan kandungan zat besi, zinc, lodium, vitamin A, serta kalsium.

Asupan ini akan mendukung si Kecil agar mampu tumbuh hebat dengan kecerdasan lengkap seperti cepat tanggap, punya rasa peduli, hingga tanggap dalam bersosialisasi di lingkungannya. Dengan begini, si Kecil pun akan mampu mengembangkan rasa empati terhadap teman sebayanya.