Tips & Advice 1-12 Minggu

Early Life Nutrition

Early Life Nutrition atau yang disingkat menjadi ELN adalah sebuah konsep mengenai apa yang dimakan oleh Ibu selama kehamilan dan makanan yang diterima oleh si Kecil sejak bayi hingga usianya mencapai 5 tahun, berdampak pada kesehatan anak saat ini hingga masa depan. Singkatnya, nutrisi memiliki peranan besar untuk kualitas kesehatan anak di masa depan.

Hingga saat ini, di Indonesia konsep ELN masih belum banyak kalangan yang memahami dan memperhatikan. Buktinya, riset yang dilakukan PT. Nutricia Indonesia Sejahtera dan Southeast Asian Food & Agricultural Science and Technology (SEAFAST) juga menemukan, wanita dalam usia subur, Ibu hamil, dan sedang menyusui, mengonsumsi energi lebih rendah dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan yakni 1800-1900 kalori per orang per hari.Rata-rata wanita di Indonesia hanya mengonsumsi 1400 kalori. Begitupun dengan konsumsi protein, yakni hanya sekitar 46 gram per orang per hari. Padahal angka kecukupan gizi adalah 50 gram.

Pada masa kehamilan, kekurangan zat gizi baik makro maupun mikro dapat disebabkan oleh berbagai faktor, terutama pada masa awal kehamilan. Pada awal kehamilan, umumnya Ibu hamil mengalami gejala morning sickness yang ditandai dengan rasa mual, muntah dan turunnya nafsu makan Ibu hamil menyebabkan banyak nutrisi penting yang seharusnya diserap oleh janin, tidak didapatkan secara optimal.

Karena itu perlunya Perencanaan dan Pemenuhan Gizi Sejak Dini menjadi sebuah strategi untuk pemenuhan gizi tepat dan seimbang di awal kehidupan, khususnya pada 1000 hari pertama kehidupan yang merupakan periode kritis pertumbuhan anak, untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya saat ini dan di masa yang akan datang.