Alternate Text
Tips & Advice 0-6 Bulan

Bayi Masih Lapar Setelah Pemberian ASI

Bayi Masih Merengek Lapar Setelah Waktu Menyusui. Apakah ini Tanda Bahwa Ia Bertumbuh Terlalu Pesat?

Bagaimana Ibu tahu jika bayi Ibu masih lapar? Memang tidak ada indikasi yang bisa menyimpulkan bahwa bayi masih lapar, namun pada umumnya, bayi yang masih lapar cenderung menangis minta diberi ASI lebih sering. Dan ia akan minta ASI lebih lama dari biasanya.

Ketika bayi mencapai usia 6 minggu sejak kelahirannya, ia semakin memerlukan ASI yang cukup, seiring dengan perkembangan tubuhnya. Walaupun tampaknya waktu rutin pemberian ASI Ibu semakin bertambah, namun hal ini hanya berlangsung sementara dan dapat terjadi kapanpun. Tidak akan ada masalah jika Ibu memberi ASI lebih sering dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya, karena waktu rutin menyusuinya akan kembali seperti semula.

Apakah ini Saatnya Memberikan Makanan Tambahan?

Jangan terburu-buru ya Bu.  Makanan tambahan pendamping ASI hanya boleh diberikan setelah bayi memasuki usia 6 bulan. Bila memberikan makanan pendamping ASI sebelum bayi berusia 6 bulan, ingat Bu, alat pencernaan bayi Ibu belum bisa mencerna makanan padat selain ASI. ASI sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya untuk tumbuh dan berkembang.

Beberapa Bayi Tidak Selapar yang Ibu Pikirkan Lho

Terkadang, bayi hanya suka menghisap payudara Ibu agar ia merasa nyaman. Bayi seperti ini seolah-olah minta diberi ASI, padahal sebenarnya cukup diberi pelukan atau respon lainnya. Yang penting selalu berikan ia ASI dengan waktu yang teratur setiap hari.