Article #GrowThemGreat

Cara Mendidik Anak Agar Mandiri serta Bertanggung Jawab

By Bebelac Indonesia  |  Rabu 02 Mei 2018

“Sayang, kalau sudah selesai mainannya, dikembalikan ke tempatnya ya!”, minta si Mama. Namun kenyataannya si Kevin malah kabur dan melakukan aktivitas lainnya. Duh si Kecil ini susah banget kalau diajarin tanggung jawab. Setiap kali diberi tugas rumah, ia tak mau melakukannya.

Seberapa penting sih mengajarkan si Kecil rasa tanggung jawab? Hal ini erat kaitannya dengan kecerdasan emosi seorang anak (EQ). Dengan tanggung jawab anak diharapkan bisa mandiri dan peduli akan keadaan di sekitarnya. Sehingga, ia bisa tumbuh jadi anak hebat,  yang tak hanya cerdas dari sisi intelegensi saja.

Dengan membiasakan mereka berlaku tanggung jawab, si Kecil juga akan  mampu berbaur dengan orang lain dan selalu ingin memberikan berbagai kemampuan yang ia miliki. Selain itu, jiwa kepemimpinan perlahan akan tumbuh dan bisa memberikan si Kecil perasaan bahwa ia berharga sehingga mendorongnya untuk berprestasi.

Lalu apa yang bisa Ibu lakukan untuk mengajarkan si Kecil tanggung jawab? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus cara mendidik anak agar mandiri dan bertanggung jawab berikut ini.

  1. Berikan si Kecil kebebasan dan kepercayaan

Hal ini bertujuan agar si Kecil bisa mengambil keputusan sendiri dan mampu melewati permasalahannya. Dengan begitu, rasa percaya diri dan perasaan berhasil akan dimiliki si Kecil. Sebisa mungkin hindari menolongnya ketika ia kesusahan ya Bu agar ia punya kesempatan untuk mencari jalan keluar sendiri dan menghindari ketergantungan pada orang lain.

  1. Membiasakan si Kecil membantu tugas Ibu atau orang lain

Ibu bisa mendorong si Kecil menciptakan jiwa sosial dan membantu orang lain dengan cara tidak langsung. Misal dengan meminta ia membantu adiknya merapikan tempat tidur karena adiknya belum tahu cara yang baik melakukannya. Dengan begini, jiwa inisiatif dan tanggung jawab si Kecil bisa terasah, tumbuh jiwa berkorban dan keinginan menolong serta membantu orang lain.

  1. Ajarkan cara merawat dan menjaga barang

Beri si Kecil tugas untuk menjaga semua barang yang ia miliki termasuk mainan. Selain itu minta ia membereskan mainannya setelah bermain di tempatnya.

  1. Beri konsekuensi

Buat perjanjian bersama si Kecil secara lisan konsekuensi apa yang harus mereka dapat ketika tidak bisa menunjukkan sikap tanggung jawabnya. Namun jangan sampai membuat ia takut dengan konsekuensinya apabila berbuat salah. Ajarkan juga cara meminta maaf ketika mereka melakukan kesalahan.

  1. Beri contoh dan ajak terlibat langsung.

Hal penting lainnya dalam mengajarkan si Kecil tanggung jawab ialah dengan memberikan contoh dan teladan yang baik baginya. Misal dengan meluangkan waktu bersama si Kecil merapikan sesuatu bersama. Pada awalnya mungkin ia hanya ikut-ikutan. Namun lambat laun ia akan mengerti bahwa apa yang ia lakukan merupakan bagian dari kewajibannya.. Selain itu, beri pula si Kecil peraturan yang jelas setelah ia bermain, mengambil sesuatu dari tempatnya, dan sebagainya.

  1. Hindari memaksa si Kecil

Mengajarkan si Kecil akan pentingnya tanggung jawab memang tidak mudah. Namun hindari menuntut si Kecil melakukan sesuai apa yang Ibu inginkan. Misal memintanya menempatkan mainannya dengan rapi sesuai jenisnya. Paling tidak Ibu sudah melatih si Kecil bertanggung jawab dengan mainannya.

Artikel Selanjutnya

Baca Selengkapnya
Baca Selengkapnya