Mom's Pedia 13-28 Minggu

Kenali Perkembangan Janin Usia 27 Minggu

 

Perkembangan si Kecil

 

Memasuki trimester terakhir kehamilan, si Kecil akan menerima imunitas dari antibodi yang berada di sekitar plasenta. Imunitas ini akan terus meningkat saat pemberian ASI dan bertahan hingga bayi berusia beberapa bulan. Ukuran bayi minggu ini juga sudah semakin besar, yaitu panjang sekitar 37cm dan berat sekitar 1Kg. Ayo, tumbuh jadi anak sehat ya!

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Kenaikan asam lambung terjadi pada 2 dari 3 Ibu hamil. Gejala yang akan Ibu rasakan adalah timbulnya rasa panas pada perut. Kondisi ini disebabkan oleh hormon kehamilan yang membuat otot-otot sistem pencernaan bekerja lebih lambat. Merebahkan badan terkadang kurang berhasil mengurangi rasa panas di perut akibat asam lambung ini. Lebih baik, Ibu coba beberapa tips berikut ini:

o Makanlah sedikit, tapi sering

o Makan malam lebih awal, jangan terlalu dekat jam tidur

o Minum segelas susu sebelum tidur

o Tidur terlentang atau miring – gunakan bantal untuk menyangga punggung dan leher Ibu

o Jangan minum obat asam lambung sembarangan! Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan

 

Tahukah Ibu?

 

Perut yang semakin buncit membuat Ibu tidak betah duduk terlalu lama. Untuk itu bila Ibu ingin bepergian jauh, perhatikanlah durasi perjalanan. Bila ingin bepergian dengan pesawat, lakukan sebelum Ibu memasuki kehamilan 36 minggu. Surat keterangan kesehatan dari dokter kandungan biasanya juga dibutuhkan saat pemesanan tiket pesawat. Tujuannya untuk menghindari kemungkinan persalinan mendadak di tengah penerbangan. Ingin menikmati liburan saat perut membuncit? simak saja beberapa tips bepergian kala hamil di situs Bebeclub.