Tips & Advice 1-12 Minggu

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Mengapa Ibu hamil sering nyeri punggung?

Perut yang makin besar dan berat otomatis membuat otot punggung Ibu bekerja ekstra. Belum lagi, ligamen-ligamen jaringan tubuh Ibu mulai melunak untuk persiapan proses melahirkan. Selain pada punggung, rasa nyeri juga kadang terjadi di sekitar panggul.

Bagaimana cara mengatasinya?

Saat mengalami nyeri punggung, cobalah beberapa tips berikut untuk membuat Ibu merasa lebih nyaman:

  • Jaga sikap dan postur tubuh. Usahakan untuk tetap tegak dan menjaga perut Ibu dalam posisi masuk ke dalam. Postur tubuh membungkuk justru akan memperburuk rasa nyeri pada punggung.
  • Duduklah dengan posisi tegak. Ganjal punggung Ibu dengan bantal empuk agar lebih nyaman.
  • Saat tidur malam hari, berbaringlah di satu sisi tubuh, taruh bantal di antara lutut untuk menjaga menjaga posisi yang benar. Selain itu, gunakan lengan Ibu untuk membantu mendorong tubuh ke atas sekaligus menahan perut Ibu. Posisi ini akan mengatasi ketegangan pada punggung sehingga rasa nyeri hilang.
  • Gunakanlah sepatu yang nyaman saat hamil. Sebaiknya, kenakan sepatu hak pendek atau datar , karena jenis sepatu hak tinggi justru bisa memicu nyeri punggung dan kontraksi.
  • Olahraga ringan, seperti renang, jalan santai, atau senam khusus hamil dapat membuat otot-otot tubuh lebih relaks, dan membantu mengurangi nyeri punggung.
  • Hindari mengangkat beban yang berat – Saat kehamilan, Ibu sudah membawa bayi dalam perut Ibu. Hindari membawa beban berat yang akan memberi tekanan tambahan pada tubuh Ibu. Jika harus mengambil sesuatu di bawah, jangan lupa tekuk lutut Ibu dan bertumpu pada paha untuk berdiri kembali.

Just relax, you can get through this, Moms!