Alternate Text
Mom's Pedia 13-28 Minggu

Melihat Perkembangan Janin Usia 20 Minggu

 

Perkembangan si Kecil

 

Pada hamil minggu ke-20 ini, si Kecil Ibu makin pintar saja! Otak bayi yang mengontrol inderanya berkembang pesat. Panjangnya juga sudah mencapai 22 cm, saat ini kulit bayi akan mengeluarkan lendir putih tebal yang disebut vernix. Vernix ini yang akan melindungi kulit bayi dari air selama ia tinggal di dalam ketuban Ibu.

 

Ada Apa dengan Tubuh Ibu?

 

Ini saatnya melakukan pemeriksaan ultrasonografi lengkap [hyperlink:...]. Pemeriksaan ini akan terasa menegangkan sekaligus menyenangkan. Terutama bila calon ayah ikut menemani Ibu selama proses pemeriksaan.

Pada kehamilan 20 minggu ini, pemeriksaan USG akan mencakup seluruh perkembangan dan pertumbuhan fisik si Kecil. Ia akan diperiksa mulai dari kepala hingga ujung jari kakinya untuk memastikan semua organ tubuhnya berkembang normal. Begitu pula dengan posisi plasenta. Pemeriksaan USG lengkap akan memakan waktu sekitar 15-20 menit. Bila bayi berada dalam posisi terlentang, Ibu dan Ayah akan bisa mengetahui jenis kelamin si Kecil. Wondering, is it a boy or a girl?

 

Tahukah Ibu?

 

Saat memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan, kaki Ibu sering merasa kram. Kondisi ini kemungkinan besar disebabkan kenaikan berat badan atau adanya bagian tubuh yang bengkak sehingga menimbulkan tekanan ekstra pada syaraf kaki.

Faktor penyebab lain yang juga harus diwaspadai adalah kekurangan magnesium, dehidrasi atau kaki yang tidak bergerak aktif dalam waktu lama, seperti di malam hari.

Bila kondisi kaki kram sering terjadi, konsultasikan masalah ini kepada dokter kandungan. Beliau akan merekomendasikan suplemen hamil yang tepat untuk mengatasinya.