Alternate Text
Tips & Advice 13-28 Minggu

Haruskah Saya Makan Untuk Berdua

Berapa Tambahan Kalori yang Saya Butuhkan Saat Hamil ?

Kenaikan berat badan jelas akan terjadi pada hampir semua Ibu hamil. Ini adalah bagian dari mekanisme tubuh untuk memelihara janin yang sedang tumbuh di perut Ibu. Hanya saja, tetap ada batasan kenaikan berat badan yang sehat dan wajar pada Ibu hamil. Kisarannya antara 11,5-16 kg, yang akan bervariasi tergantung etnis dan berat badan seorang Ibu sebelum hamil.

Peningkatan kebutuhan kalori bagi tumbuh kembang bayi sebenarnya baru dimulai saat memasuki trimester kedua kehamilan. Jumlah kenaikan kalori yang dibutuhkan juga sebenarnya tak terlalu banyak. Hanya sekitar 300-450 kalori per hari. Jadi, jangan terlalu terpaku pada mitos melipatgandakan porsi makan selama kehamilan ya Bu. Diet sehat berimbang kembali menjadi cara terbaik untuk mewujudkan kehamilan sehat bagi Ibu dan bayi. Let’s be a happy and healthy mom-to-be!



Apa yang Harus Saya Makan Saat Hamil?

Jenis makanan yang Ibu konsumsi sangat menentukan kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan. Semua kebutuhan nutrisinya memang hanya diperoleh langsung dari tubuh Sang Ibu. Jadi, kebiasaan makan yang baik saat hamil sebenarnya merupakan bentuk perhatian dan kasih sayang Ibu pada si Kecil lho!

Agar kebutuhan nutrisi terpenuhi, cobalah sedapat mungkin melakukan diet sehat berimbang. Salah satunya, hindari mengonsumsi gula dan makanan manis terlalu banyak. Kebiasaan ini bisa menyebabkan kadar gula dalam darah tidak stabil, yang akhirnya mengacaukan metabolisme tubuh Ibu. Keluhan pusing dan lemas justru bisa lebih sering terjadi.

Kunci keberhasilan melakukan diet sehat berimbang adalah disiplin. Selera makan yang berubah-ubah saat hamil tak bisa dihindari, Bu. Kadang Ibu bisa menjadi rakus, kadang melihat makanan saja tak berminat. Kondisi tersebut akan makin terasa bila Ibu mengalami morning sickness. Solusinya adalah tetap paksakan diri untuk makan sedikit, namun sering.

Ikuti saja insting Ibu selama menjalani kehamilan. Kami yakin, Ibu pasti tahu mana yang baik dan buruk untuk kesehatan. Bila semua dijalani dengan baik, Ibu akan takjub melihat kemampuan tubuh Ibu beradaptasi dengan kehamilan.