Mom's Pedia 13-28 Minggu

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT HAMIL

“Selama hamil rasanya kok ingin makan terus ya!”. Sebagian besar ibu hamil senang mengemil ataupun mengonsumsi makanan setelah melewati masa trimester pertama atau melewati masa-masa morning sickness. Demi memenuhi asupan nutrisi bagi janin, ibu memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi untuk mendukung tumbuh-kembang si Kecil di dalam perut.

Akan tetapi, demi keselamatan dan kualitas janin, sebaiknya ibu hamil perlu memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi dan selalu menjaga kebersihan bahan makanan. Karena, selama hamil tubuh lebih rentan terhadap racun, parasit atau bibit penyakit yang ada dalam makanan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari bagi ibu hamil dan alasan-alasannya:

  • Telur setengah matang atau mentah, ataupun makanan yang dibuat dengan campuran telur mentah – karena dapat menjadi sumber Salmonella penyebab diare yang berat pada ibu hamil.

  • Daging dan ikan yang setengah matang atau dimasak kurang matang – karena dapat mengandung toksoplasmosis, yang dapat menyebabkan infeksi pada janin.

  • Susu, keju, atau yoghurt yang tidak disterilkan – Makanan-makanan ini dikhawatirkan mengandung bakteri Listeria penyebab keguguran atau persalinan dini.

Beberapa jenis ikan tertentu yang dapat mengandung merkuri – Ikan dapat mengandung merkuri karena adanya polusi dari industri yang mencemari air tempat ikan hidup. Ikan besar yang memiliki waktu hidup lebih panjang akan menyerap lebih banyak merkuri sehingga kandungan merkurinya juga tinggi antara lain ikan hiu, ikan todak, ikan pedang, dan marlin. Hindari ikan yang berpotensi mengandung merkuri karena dapat membahayakan perkembangan sistem saraf janin.

  • Kacang tanah – sebaiknya dihindari bila Ibu punya riwayat alergi.

  • Makanan terlalu pedas - Makanan pedas tidak terbukti berpengaruh langsung pada bayi. Namun, makanan terlampau pedas dikhawatirkan dapat mengganggu saluran cerna Ibu hamil yang membuat tidak  nyaman atau mulas.

  • Mie instan - Mie instan mengandung bahan-bahan kimia seperti pengawet, penguat rasa, pengatur keasamaan dan pengenyal yang kurang baik jika dikonsumsi setiap hari.

Nah, Ibu kini dapat menghindari makanan-makanan di atas untuk menjaga kesehatan janin selama kehamilan. Sehat selalu ya, Bu.