Alternate Text
Tips & Advice 6-12 Bulan

Tips dan Cara Mengatasi Bayi Susah Makan


Apa yang Perlu dilakukan Agar Bayi Makan Makanan yang Bervariasi?


Semua orang pasti memiliki makanan favorit, tidak terkecuali bayi Ibu. Tetapi jika ia hanya mau memakan makanan yang menjadi kesukaannya, maka selera makannya untuk beraneka jenis makanan lainnya tidak akan berkembang. Akibatnya, bayi akan menjadi rewel soal makanan. Tenang saja ya Bu, ini adalah hal yang wajar dan dialami hampir semua bayi kok. Berusahalah untuk terus menciptakan variasi pada makanan tambahan yang diberikan. Selain mengembangkan selera makan bayi, variasi makanan juga memungkinkan Ibu untuk menciptakan diet sehat dan seimbang.


Ibu bisa mencoba beberapa tips berikut:


    • Buatlah suasana makan menjadi lebih menyenangkan. Bayi Ibu pun pasti tertarik dan sulit menolak makanan yang disajikan dalam berbagai bentuk menarik di piring.

    • Sebelum Ibu menyuapi, cicipilah makanan bayi dan keluarkan suara "mmm" sambil menunjukkan ekspresi orang yang sedang menikmati makanan lezat. Bayi Ibu akan menangkap suara dan gestur yang Ibu buat, lalu timbul keinginan untuk menirunya.

    • Berikan makanan dalam berbagai rasa dan tekstur dalam porsi-porsi yang kecil. Tujuannya adalah, kalau bayi tidak suka pada satu makanan, ia dapat mencoba yang lainnya. Baru ketika bayi menyukai makanan baru yang diberikan, Ibu bisa mulai menambahkan porsinya.

    • Bagaimana bila bayi Ibu memuntahkan makanannya? Jangan langsung menyerah ya Bu. Cobalah memberikannya lagi di lain hari. Mencampurkannya dengan makanan favorit bayi bisa menjadi strategi jitu agar bayi tidak lagi menolaknya. Hal ini memang butuh waktu yang tidak sebentar, tapi hasilnya akhirnya dijamin tidak akan mengecewakan!

Kalau Ibu membutuhkan tambahan saran atau panduan, jangan ragu untuk menghubungi Bebeclub.


We are pleased to help you further!