Tips & Advice 6-12 Bulan

Mengenalkan Makanan Tambahan

Ayo, Kenalkan Makanan Tambahan!


Setelah memberikan ASI, bersiaplah Ibu untuk menjalani tahap selanjutnya yang tidak kalah menarik dalam perjalanan pertumbuhan bayi, yaitu pemberian makanan tambahan yang bersifat padat. Saat bayi berusia 6 bulan seiring dengan pertumbuhan bayi yang cepat dan ukuran bayi menjadi besar, ASI saja tidak lagi mencukupi zat gizi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, perlu ditambah makanan pendamping ASI.


Satu hal yang perlu Ibu perhatikan, pemberian makanan pendamping ASI tidak perlu dilakukan secara terburu-buru ya.  Biarkan bayi makan dalam proses yang bertahap, mulai dari bentuk cairan ke makanan lumat, kemudian berlanjut ke makanan dengan tekstur yang lebih padat, sampai akhirnya dalam bentuk potongan.


Bantu Perkembangan dan Pembelajarannya


Hal seru yang bisa Ibu dapat dari memberikan makanan tambahan adalah memanfaatkannya sebagai sarana untuk membantu perkembangan dan pembelajaran bayi. Jadi bukan hanya sekedar sebagai pengisi perut atau tambahan nutrisi saja lho! Dengan mengenalkan bayi pada berbagai jenis rasa, tekstur, dan pengalaman makan dengan sendok, maka perkembangan mentalnya akan semakin terpacu.


Selain itu, proses pengenalan makanan padat juga akan membantu pengembangan otot-otot pada bayi yang kelak digunakan untuk berbicara. Bagaimana bisa? Begini, saat memberikan makanan tambahan, maka Ibu juga melatih bayi agar membiasakan diri dengan keberadaan makanan beserta beragam rasa dan tekstur di mulutnya. Selama beberapa bulan ke depan, Ibu mungkin akan terkejut dengan kemampuan bayi dalam mengunyah dan menelan yang berkembang dengan pesat!


Kuncinya Adalah Sabar


Mengunyah dan menelan makanan adalah peralihan yang drastis dari sekedar mengonsumsi ASI. Tidak heran bila ini menjadi hal yang sulit dilakukan, tidak hanya bagi bayi, tetapi juga Ibu. Namun, jangan lekas putus asa ya Bu. Biarkanlah bayi membiasakan diri dengan sensasi menggerak-gerakkan makanan di dalam mulut sambil belajar mengunyah. Yang penting, Ibu bersabar dan jangan terlalu memaksakan. Malah jika Ibu bisa memanfaatkan momen ini sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi bayi, maka jalinan ikatan antara Ibu dan bayi akan semakin kuat. Isn't it lovely? Satu lagi, Ibu tidak sendirian lho, karena Bebeclub selalu siap membantu.


Read less...