Tips & Advice 6-12 Bulan

Tips Menghangatkan dan Mempersiapkan Makanan Bayi


Tips Memanaskan Makanan Bayi


Sebelum memberi makan pada bayi, ada baiknya Ibu memanaskan makanannya terlebih dahulu, kemudian biarkan agar panas makanan menurun. Makanan yang hangat atau memiliki suhu ruang dijamin akan disukai bayi.


    • Panaskan makanan dengan microwave atau dengan menggunakan panci yang diletakkan di atas kompor. Pastikan memanaskannya hingga benar-benar panas dan mengeluarkan uap. Jadi, bukan asal hangat saja lho Bu. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek apakah makanan memang sudah matang.

    • Kalau Ibu menggunakan kontainer makanan, masukkan kontainer ke dalam air panas untuk memanaskannya.

    • Setelah makanan dipanaskan, biarkan sejenak supaya tidak terlalu panas sehingga bayi makan makanan dalam keadaan hangat. Terlalu lama membiarkannya dalam suhu ruang juga tidak baik. Dalam waktu dua jam, bakteri akan mulai berkembang dan berlipat ganda dengan cepat.

    • Memanaskan makanan hanya cukup sekali ya Bu, tidak boleh lebih. Kalau ada makanan tersisa, Ibu tidak perlu ragu untuk membuangnya. Karena, makanan yang telah tersentuh mulut bayi atau sendok bisa jadi telah mengandung bakteri.


Tips Membekukan dan Menyimpan Makanan Buatan Sendiri


Pada awalnya, mungkin bayi makan hanya sedikit dari makanan yang Ibu sajikan. Jadi, menyiapkan beberapa menu untuk persediaan selama beberapa minggu, dan membekukannya adalah ide yang bagus. Tidak perlu khawatir, proses pembekuan makanan tidak merusak vitamin yang terkandung, sehingga bayi akan tetap memperoleh manfaatnya secara lengkap. Berikut beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan:


    • Setelah makanan dingin, bekukanlah sesegera mungkin.

    • Atur temperatur freezer dengan suhu ideal untuk menyimpan makanan, yaitu -18 derajat Celsius atau lebih dingin. (Sudah cek di internet)

    • Untuk membekukan dan menyimpan makanan di freezer, gunakan wadah plastik dengan tutup rapat/zip-lock, atau menggunakan kontainer makanan. Jangan lupa untuk memberi label dengan informasi mengenai isi wadah atau kontainer, serta tanggal dibekukan.

    • Makanan bayi yang disimpan di freezer selama tiga bulan akan tetap memiliki kondisi yang baik. Bila Ibu ingin memberikannya pada bayi, panaskan terlebih dahulu.

    • Kalau makanan beku sudah dipanaskan, berikanlah pada bayi. Bila ada sisa, buanglah dan jangan dibekukan lagi.