tumbuh kembang anak usia 2 tahun
Mom's Pedia Balita

Mengetahui Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Ckckck…capek rasanya melihat tingkah si Kecil yang berusia dua tahun. Rasanya ia kini semakin lincah, aktif dan energinya tak kunjung habis. Seisi rumah pun kadang jadi berantakan dengan mainan-mainannya dan juga tingkahnya. Kira-kira apa saja sih perkembangan fisik yang bisa Ibu temukan saat si Kecil memasuki 2 tahun? Berikut informasi mengenai tahap tumbuh kembang anak usia 2 tahun. 

Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Jika di usia sebelumnya si Kecil mungkin masih tampak terhuyung-huyung ketika berjalan, di usia ini keseimbangannya sudah semakin sempurna.Hal ini bisa terlihat dari kemampuan fisik lainnya yang juga makin banyak ia kuasai. Apa saja sih?

Mulai dari berlari, naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan berpegangan, melempar dan menangkap bola hingga berjalan sambil jinjit. Ia pun kini sudah bisa melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki hingga menari mengikuti irama. 

Cara Mendorong Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Nah apa saja ya kemajuan serta stimulasi yang bisa Ibu terapkan pada si Kecil? Yuk cari tahu!

  • Berdiri dengan 1 kaki. Misalnya dengan meminta si Kecil berdiri menirukan burung bangau dengan kaki diangkat satu dan tangan lainnya direntangkan untuk menjaga keseimbangan. 
  • Melompat.  Misalnya minta ia melompat dengan kedua kaki bersamaan. Agar lebih menyenangkan, buat permainan dengan menggambar bidang seperti lingkaran, persegi, bintang atau angka-angka di halaman dan minta ia melompatinya satu persatu.
  • Melempar bola. Minta anak melempar dengan arah yang benar. Ibu juga bisa memvariasikannya dengan jarak lemparan, tinggi lemparan, arah lemparan serta pola lemparan, mulai dari digelindingkan di lantai hingga dilempar memantul. 
  • Gerakan dan lagu. Sediakan musik dengan berbagai irama serta beberapa aksesoris kostum yang bisa ia pilih untuk menari. Lewat permainan ini, Ibu bisa memberi si Kecil kesempatan untuk mengekspresikan tubuh dan gerakan kreatifnya lho. 

Yang terpenting, temukan aktivitas atau permainan lain yang si Kecil sukai. Pastikan juga ia selalu dalam pengawasan ya Bu. Karena di usia ini, rasa ingin tahunya cukup besar untuk mencoba hal-hal baru. Nah, saat weekend, yuk ajak si Kecil bermain di playground!