Tips & Advice 1-12 Minggu

Tips Mempersiapkan Kehadiran Bayi


Persiapan Sambut Si Kecil Di Rumah


Membayangkan derai tawa, ocehan, dan tangisan bayi mewarnai rumah Ibu pasti rasanya sangat membahagiakan. Tak heran, banyak calon Ibu bersemangat untuk membersihkan dan menata ulang rumahnya guna menyambut kehadiran si Kecil nanti.


Kami sangat memahami betapa antusiasnya Ibu. Tapi, tetap hati-hati dengan kondisi fisik ya, Bu. Jangan naik turun tangga berlebihan atau mengangkat beban berat yang dapat membuat Ibu terjatuh atau cedera.


Prioritas utama adalah mempersiapkan rumah untuk kepulangan bayi dari rumah sakit nanti, seperti faktor kebersihan, keamanan, dan menyediakan barang-barang perawatan bayi yang penting. Hal-hal lainnya, seperti mengganti wallpaper atau mendekorasi ulang seluruh rumah sebenarnya bukan sesuatu yang prinsip.


Utamakan Kebutuhan Dasar Bayi


Sebenarnya tak terlalu banyak yang harus Ibu siapkan untuk membuat bayi Ibu aman saat pulang dari rumah sakit nanti. Ingat, pada bulan-bulan pertama bayi lebih banyak menghabiskan waktunya di boks bayi atau gendongan Ibunya. Masih ada waktu sekitar enam bulan ke depan sampai dia mulai aktif berguling, merangkak, hingga bisa berjalan nanti.


Hal terpenting untuk disiapkan adalah kebutuhan dasar bayi, seperti pakaian, popok, peralatan makan, selimut, dan tempat tidur bayi. Selain itu, perhatikan juga unsur kerapihan dan kebersihan calon kamar bayi nanti. Supaya saat pulang ke rumah nanti, Ibu dapat langsung fokus untuk belajar merawat dan mengenal lebih dekat sang buah hati.


Agar tak ada barang penting yang terlewat, Ibu bisa melihat list kebutuhan belanja dasar bayi berikut ini.


Car Seat Bayi


Saat pulang dari rumah sakit nanti, mungkin Ibu membutuhkan kursi khusus untuk bayi di mobil yang nyaman untuk membawa bayi di perjalanan.


Sebaiknya, calon Ibu dan ayah mulai mempelajari posisi dan cara pemasangan kursi khusus untuk bayi di mobil pribadi Anda. Beberapa model kendaraan bahkan sudah menyediakan kursi khusus untuk bayi di mobil. Jika kebetulan kendaraan pribadi Ibu tidak memilikinya, coba cari car seat yang cukup menggunakan sabuk pengaman mobil untuk pemasangannya.


Kini banyak tersedia pilihan model dan harga untuk kursi khusus bayi di mobil. Bahkan, jika Ibu rajin mencari informasi di internet, kini terdapat sejumlah penyedia jasa sewa car seat bayi dengan sistem pembayaran bulanan.


Saat Bayi Pulang Ke Rumah


Saat bayi baru pulang ke rumah, pasti akan banyak kerabat dan teman yang datang berkunjung. Terkadang hal ini cukup melelahkan Ibu dan bayi baru. Untuk itu, tak ada salahnya meminta orang-orang terdekat untuk berkunjung sekurangnya seminggu setelah bayi pulang ke rumah. Tujuannya agar Ibu dan bayi punya waktu untuk beristirahat usai proses kelahiran dan saling beradaptasi satu sama lain.


Selamat menikmati hangatnya memeluk bayi baru Ibu di rumah! Jika Ibu butuh saran seputar perawatan bayi, silahkan hubungi saja Bebeclub yang akan senang membantu Ibu.