Tips & Advice Balita

Anak Susah Fokus di Sekolah? Berikan 8 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi Ini

Pemberian nutrisi yang cukup menjadi modal dasar dari tumbuh kembang si Kecil, salah satunya perkembangan otak. Perkembangan otak yang maksimal akan membuat daya fokus dan konsentrasi anak menjadi optimal. Dua hal ini menjadi kunci keberhasilan belajar si Kecil di sekolahnya.

Otak memerlukan beberapa nutrisi untuk mendukung perkembangannya seperti air, karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin. Kira-kira apa saja ya makanan untuk meningkatkan konsentrasi anak? Mari simak jawabannya berikut ini:

Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang akan membantu proses aliran darah menjadi lebih lancar sehingga membantu menjaga otak lebih sehat.

Buah Blueberry

Makanan untuk meningkatkan konsentrasi selanjutnya adalah buah blueberry. Buah ini mengandung flavonoidyang bekerja sebagai antioksidan dan mengurangi inflamasi yang membantu meningkatkan kemampuan fokus dan memori.

Ikan

Makanan untuk meningkatkan konsentrasi adalah ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kekuatan otak. Omega-3 (terutama DHA) membantu meningkatkan aliran darah ke daerah-daerah tertentu di otak sehingga konsentrasi dan memori meningkat

Kacang Kenari

Kacang mengandung beberapa zat bermanfaat seperti protein, lemak sehat, dan vitamin E. Protein menstabilkan kadar gula darah anak dan menjaga agar tetap fokus dan konsentrasi sepanjang hari. Vitamin E bisa meminimalisir penurunan kognitif yang berkurang seiring bertambahnya usia.

Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi mampu menyehatkan otak. Zat gizi mikro seperti beta karoten, folat, lutein, dan vitamin K bisa memperlambat penurunan kognitif.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan konsentrasi berkat kandungan kolin pada telur mampu meningkatkan kinerja otak, memperkuat daya ingat, dan fokus.

Air

Sebagian besar berat otak berisi air. Jika tubuh kekurangan air bisa menurunkan konsentrasi belajar anak dan menimbulkan rasa lelah. Maka dari itu, penting untuk mencukupi kebutuhan air anak sehari-hari agar bisa meningkatkan konsentrasi belajar dan memori belajar anak menjadi optimal.

Susu

Susu juga penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Di dalam susu terdapat nutrisi seperti vitamin, mineral, dan protein. Mengonsumsi susu dua gelas per hari dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi dan kebugaran tubuh.

Salah satu susu yang yang bisa Ibu pilih adalah Bebelac 5 yang hadir dengan formula HiQ-EQ+ untuk mendukung fokus dan konsentrasi anak. Di dalamnya terkandung kombinasi minyak ikan, omega-3 dan omega-6, kalsium yang lebih tinggi, dan FOS: Inulin untuk dukung kemampuan fokus dan konsentrasi si Kecil. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan DHA, LA/ALA, kolin, dan zat besi yang mampu mendukung tahapan perkembangan otak.  Susu Bebelac 5 diperuntukkan bagi anak usia 6-12 tahun dengan saran dikonsumsi 2 kali sehari.