13 Obat Pilek Anak Alami Paling Ampuh Agar Cepat Sembuh

Anak-anak bisa kena pilek minimal sekali setahun. Yuk, bantu si Kecil cepat sembuh dengan obat pilek alami yang paling ampuh berikut ini.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Attila Dewanti, SpA (K)

4 min
31 Mar 2022
Profile dr. Attila Dewanti, SpA (K)
obat pilek anak alami paling ampuh


Jangan panik dan buru-buru membeli obat di apotek jika si Kecil tertular pilek. Apabila usianya sudah 1 tahun atau lebih, Ibu bisa berikan obat pilek anak alami paling ampuh ini supaya ia cepat sembuh tanpa perlu minum obat generik. Sebab, menjadi sehat adalah awal semua kehebatan anak untuk tumbuh jadi hebat. 

Lalu, apa saja gejala pilek, dan apa obat tradisional pilek yang aman untuk anak? 

Yuk, simak informasi selengkapnya di sini!

Mengenal Gejala Pilek dan Bedanya dengan Flu 

Sebelum mengetahui jenis obat alami untuk pilek, Ibu perlu mengenali terlebih dahulu gejala dari pilek. Perlu dicatat, pilek berbeda dengan flu ya, Bu. Gejala pilek pada anak adalah: 

  • Si Kecil mengeluarkan cairan dari hidung yang disertai dengan rasa berat dan buntu di hidungnya. 
  • Muncul rasa tidak nyaman pada tenggorokan, disertai dengan batuk dan kadang demam. 
  • Tingkat keparahan yang dirasakan cenderung ringan, dan sakit tenggorokan akan sembuh dalam 1-2 hari.  

Sementara, gejala flu biasanya akan lebih berat, misalnya anak mengalami demam tinggi selama 3-5 hari, sakit kepala berat, batuk kering, sakit tenggorokan, badan menggigil, gemetar, nyeri tubuh, muntah, hingga kelelahan parah selama 2-3 minggu. 

Midbanner obat flu alami untuk bayi dan anak

Pilihan Obat Pilek Anak Alami Paling Ampuh

Pilek dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi bakteri atau infeksi rhinovirus.Namun, pilek dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memberikan pengobatan tertentu.

Bahkan, di dunia medis sebenarnya tak ada obat batuk dan pilek yang diracik khusus untuk anak karena risiko pemberiannya lebih besar dibanding manfaatnya.

Meski demikian, Ibu dan Ayah pasti ingin si Kecil cepat sembuh supaya ia bisa kembali bermain dan belajar seperti sedia kala dengan badan yang sehat, bukan? Inilah saatnya Ibu cari obat pilek anak alami paling ampuh. 

1. Protein dan Vitamin 

Salah satu kunci sembuh dari batuk dan pilek adalah imunitas tubuh yang baik. Menurut Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, SpF(K), dosen dan peneliti di Departemen Farmakologi & Terapeutik, FKUI, Jakarta, untuk membuat sistem imun yang baik, tubuh kita memerlukan protein. 

Pastikan si Kecil mengonsumsi makanan tinggi protein selama sakit, yang bisa diperoleh dari telur, daging ayam, ikan, dan susu. 

Di samping itu, berikan anak asupan vitamin C yang berasal dari ragam sayur dan buah segar sebagai obat pilek anak yang alami ya, Bu. Asupan vitamin C merupakan obat pilek anak alami paling ampuh karena penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh anak. 

Ibu bisa memberi si Kecil makanan yang mengandung vitamin C yang berasal dari jeruk, lemon, atau sayuran berwarna hijau. Minum perasan air lemon hangat, atau jus lemon segar yang ditambah dengan madu juga dapat membantu meredakan gejala pilek.

2. Probiotik

Probiotik dapat mencegah berbagai penyakit infeksi pernapasan, seperti batuk dan pilek sehingga probiotik bisa menjadi obat pilek anak alami paling ampuh.

Bakteri baik atau probiotik yang ada di makanan seperti yogurt dan kefir, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Menurut sebuah studi yang dimuat pada Cochrane Library, manfaat probiotik juga dapat mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas.

3. Air Garam

Obat alami paling ampuh untuk mengatasi pilek anak berikutnya adalah air garam. Air garam memiliki khasiat anti peradangan yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan. 

Berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa berkumur air garam dapat membantu mencegah gejala pilek bertambah parah. Ini karena larutan garam dapat mencairkan lendir lengket yang menempel pada dinding hidung dan tenggorokan.

Untuk membuatnya di rumah, Ibu bisa melarutkan setengah sampai satu sendok teh garam ke dalam ½ liter air hangat. Lalu, minta si Kecil untuk berkumur air garam.

4. Sup Ayam

Mengonsumsi sup ayam atau makanan hangat lainnya bisa menjadi alternatif alami untuk mengatasi flu anak pilihan obat pilek anak alami paling ampuh yang bisa Ibu andalkan di rumah.

Bahkan, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala flu seperti nyeri, lemas, hidung tersumbat, dan demam. 

Selain itu, menikmati sup ayam hangat dipercaya dapat memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh. Neutrofil adalah sejenis sel darah putih yang bekerja dengan melindungi tubuh kita dari paparan infeksi. Ia akan bekerja lebih lambat untuk menyembuhkan area tubuh tertentu. 

5. Jahe 

Jahe dapat membantu menyembuhkan pilek sekaligus meredakan batuk dan radang tenggorokan. Selain itu, jahe juga bisa menangkal rasa mual akibat terus membuang ingus atau dahak saat pilek. 

Cara menggunakan jahe sebagai obat batuk pilek anak alami paling ampuh. Cukup rebus beberapa buah jahe yang sudah digeprek atau diparut, saring, lalu suapkan pada si Kecil. 

Ibu juga dapat menambahkan perasan lemon, madu, atau larutan gula merah supaya lebih nikmat.

6. Madu

Sifat antimikroba pada madu terbukti dapat meningkatkan fungsi sistem imun dalam melawan peradangan akibat pilek.

Caranya, minum ½ sendok makan madu pada pagi dan malam hari. Jika madu terlalu manis atau kental, larutkanlah dalam minuman hangat seperti teh atau air lemon.

Namun perlu diingat ya, Bu, madu tidak boleh digunakan sebagai obat pilek tradisional untuk bayi di bawah satu tahun. Pasalnya, madu mungkin mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi.

7. Daun Mint

Ibu juga bisa menggunakan daun mint sebagai obat pilek anak. Ekstrak daun mint disebut memiliki cara kerja yang mirip dengan obat pilek di apotek yang disebut dekongestan. Dekongestan dan daun mint dapat membantu mencairkan lendir penyebab hidung mampet. 

8. Bawang Putih

Bawang putih yang sering digunakan dalam bahan masakan sehari-hari ternyata bisa dijadikan sebagai alternatif obat pilek anak alami yang ampuh lho, Bu. 

Ya! Bumbu dapur ini mengandung senyawa allicin, yang memiliki zat antimikroba dan antivirus sehingga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus penyebab pilek. 

Bawang putih sebagai obat batuk pilek anak alami paling ampuh paling manjur jika dimakan mentah. Namun, Ibu juga bisa menambahkannya dengan cara dicacah ke dalam tumisan atau sup sayur.

9. Susu Kunyit

Kunyit dikenal ampuh untuk melawan infeksi virus penyebab batuk dan pilek akibat kandungan zat antiseptik di dalamnya. Tak hanya itu, kunyit juga dipercaya dapat melembapkan tenggorokan yang kering dan melancarkan jalannya pernapasan. 

Untuk memberikannya kepada si Kecil, Ibu bisa mencampurkan sedikit kunyit pada segelas susunya tiap malam hari. 

10. Bunga Lawang

Bunga lawang umumnya digunakan pada masakan tradisional. Namun, ternyata jenis rempah ini memiliki kandungan herbal untuk mencairkan lendir dalam pernapasan, sehingga baik menjadi obat flu anak yang alami.

11. Cuka Apel

Cuka apel juga disebut-sebut dapat dijadikan sebagai obat flu anak alami paling ampuh berkat kandungan antipatogen, antibakteri, dan antioksidan di dalamnya. 

Untuk membuatnya, Ibu bisa melarutkan air hangat dengan cuka apel dengan perbandingan 5:1. Jangan terlalu banyak karena ini dapat mengganggu sistem pencernaannya, Bu. Lalu, minta si Kecil untuk berkumur menggunakan larutan cuka apel.

12. Air Putih

Pilek bisa membuat hidung tersumbat dan lendirnya menjadi lebih kental, Bu. Terlebih kalau disertai demam, si Kecil sangat berisiko dehidrasi karena tubuhnya kehilangan banyak cairan. Bila dibiarkan, dehidrasi pada anak bisa terjadi dan ini sangat membahayakan.

Oleh sebab itu, pastikan anak terus mendapatkan asupan cairan yang cukup melalui air putih sebagai obat batuk pilek anak alami paling ampuh yang paling utama. Selain mencegah dehidrasi, minum air putih dapat bantu mengencerkan lendir dalam hidung dan saluran pernapasan anak.

13. Pelembap Udara (Humidifier)

Pilek juga bisa menjadi gejala penyerta batuk alergi pada anak yang dipicu oleh alergi debu atau polusi. Solusinya, Ibu bisa menyalakan pelembap udara.

Udara yang lembap akan menjaga lendir pada saluran napas tetap lembap dan tidak kering sehingga menyumbat napasnya. Pada akhirnya, lendir di hidung juga akan cepat mencair sehingga si Kecil bisa bernapas lebih mudah dan nyaman, serta mengurangi gatal pada tenggorokannya.

Nah, Ibu bisa menjaga kelembapan udara di kamar dengan menyalakan humidifier, khususnya saat waktu tidur. Penggunaan humidifier juga bisa membuat si Kecil terhindar dari udara yang terkontaminasi virus dan bakteri.

Humidifier model uap dingin dianggap lebih aman ketimbang yang menghasilkan uap hangat. Namun, jangan lupa untuk membersihkan humidifier secara rutin dengan cara mengganti air dan membersihkan alatnya, ya, Bu untuk mencegah tumbuhnya lumut.

Baca Juga: ISPA pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

Cara Mengatasi Pilek pada Anak dengan Cepat

Obat pilek anak alami bisa dengan memberi anak makanan bergizi lengkap dan seimbang, serta istirahat cukup agar daya tahan tubuhnya kuat.

Sementara imun tubuh anak bekerja untuk melawan virus flu, Ibu dan Ayah bisa membantu mengatasi gejalanya dengan cara alami dan ampuh berikut ini: 

1. Menghirup Uap Hangat

Uap hangat dapat membantu mengencerkan lendir sekaligus melegakan pernapasan si Kecil. Caranya, Ibu bisa menyalakan shower air hangat untuk mengatasi pilek pada anak. Tunggu sampai suhu kamar mandinya menghangat sendiri. 

Kemudian, dudukkan si Kecil di kursi bayi dan biarkan ia menghirup uap hangatnya untuk melegakan pernapasannya. Lakukan tips ini selama 10-15 menit.

Selain itu, Ibu bisa mengisi sebuah baskom berisi air panas, lalu posisikan kepala anak menunduk tepat di atas permukaan baskom. Tutupi kepala dengan handuk supaya uap panas tidak menguar ke mana-mana. Pastikan jarak wajah dan air panas tidak terlalu dekat.

2. Menyedot Lendir Ingus

Untuk mengencerkan dan mengeluarkan lendir ingus sekaligus melegakan pernapasan, Ibu bisa menggunakan penyedot ingus (nasal aspirator) khusus yang banyak dijual di apotek.

Pastikan Ibu mensterilkan alat ini sebelum digunakan, ya. Lakukan dengan lembut dan perlahan agar hidung bayi tidak teriritasi.

Ibu juga dapat mengajari si Kecil untuk mengeluarkan ingusnya sendiri, kok. Pertama-tama, coba contohkan dengan menempelkan tisu pada lubang hidung Ibu, sehingga si Kecil bisa melihat gerakan tisu saat Ibu mengeluarkan napas.

Selanjutnya, Ibu bisa menempelkan tisu pada lubang hidung si Kecil dan minta ia untuk mengeluarkan lendir ingusnya secara perlahan.

3. Meneteskan NaCl

Mama bisa menggunakan cairan air garam atau cairan NaCl fisiologis 0,9% (20 ml) yang dijual bebas di apotek, ke hidung anak. 

Langkah ini bertujuan untuk melembapkan selaput dalam saluran pernapasan anak, melancarkan sumbatan hidung, dan mengencerkan lendir ingus agar mudah dikeluarkan. 

Cara memberikannya adalah dengan memasukkan sedikit bagian ujung pipet atau sedotan ke salah satu rongga hidung, lalu teteskan dengan lembut.

4. Menekan Hidung Secara Lembut

Sambil mengeluarkan lendir ingus, Ibu bisa sambil memijat hidung si Kecil dan sekitarnya secara lembut. Tujuannya adalah untuk membuat pernapasan bayi menjadi rileks, serta membantu lendir ingus keluar dengan mudah.

Bersihkan hidung dari bekas lendir yang mengering menggunakan cotton bud basah, pastikan Ibu melakukannya dengan hati-hati, ya.

Baca Juga: Cara Efektif Menurunkan Demam pada Anak

5. Balsem atau Essential Oil 

Obat pilek anak alami paling ampuh berikutnya adalah dengan balsem ramah anak. Oleskan balsem pelega pernapasan khusus anak di bagian dada, leher, dan punggung si Kecil sambil memijatnya lembut. 

Cara lain mengobati anak pilek bisa dengan menggunakan essential oil dengan uap air panas. Bagaimana caranya? Cukup teteskan essential oil peppermint atau minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air panas.

Kedua jenis minyak ini terbukti dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Selain itu, uap hangat kayu putih juga membantu bayi bernapas dengan lega dan mengencerkan ingus. 

Itulah Bu, informasi seputar obat pilek anak alami paling ampuh yang bisa Ibu andalkan di rumah. Bila anak pilek disertai demam, batuk terus-menerus, atau lendir ingus berwarna kuning kehijauan, segera bawa bayi ke dokter anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ibu dan Ayah juga perlu memeriksakan si Kecil ke dokter apabila gejala pilek pada si Kecil tidak berangsur mereda walaupun sudah menggunakan berbagai obat-obatan alami di atas untuk mengatasi pilek anak.

Pastikan si Kecil selalu sehat agar tumbuh jadi hebat dengan mendapatkan akses ke lebih  banyak informasi terbaru soal kesehatan dan tumbuh kembang anak dengan menjadi member Bebeclub. Ibu juga bisa akses berbagai fitur edukatif & menarik dukung si Kecil tumbuh hebat di sini. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

 


 

Referensi:

  1. Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  2. Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/ cold.html. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  3. Raising Children. https://raisingchildren.net.au/toddlers/ health-daily-care/health-concerns/colds#:~:text=Colds%20are% 20very%20common%20in,spray% 20can%20help%20with% 20symptoms. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  4. Cochrane Library. https://www.cochranelibrary.com/cdsr/ doi/10.1002/14651858.CD006895 .pub4/full. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  5. Medicover Hospitals. https://www.medicoverhospitals.in /articles/ 8-home-remedies-for-cold-and-cough-in-kids #:~:text=Turmeric%20milk%3A,it %20is%20high%20in% 20calcium. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  6. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com /articles/324607. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  7. Web MD. https://www.webmd.com/children /features/help-child-stuffy-nose #:~:text=One%20of%20the %20safest%20and,to%20loosen %20the%20mucus%20inside. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  8. Best Care. https://bestcare.org/news/4-tips-ease-your-childs-cold. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  9. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com /articles/apple-cider-vinegar-for-colds #recipes. Diakses pada 23 Desember 2022. 
  10. Healthline. https://www.healthline.com/health/cajeput-oil#potential-benefits. Diakses pada 23 Desember 2022.
  11. Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/essential-oils-for-colds#treatment. Diakses pada 23 Desember 2022.
  12. Kemkes. Mengenal Perbedaan Antara Flu dan Pilek. https://upk.kemkes.go.id/new/mengenal-perbedaan-antara-flu-dan-pilek. Diakses pada 1 Desember 2023.


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait