Tips & Advice Balita

Yuk Kenali Tanda-Tanda Pencernaan Lancar Si Kecil

YUK KENALI TANDA-TANDA PENCERNAAN LANCAR SI KECIL

Pencernaan yang lancar merupakan tanda bahwa pencernaan si Kecil sehat. Namun, untuk mengetahui apakah si Kecil memiliki pencernaan yang lancar memang tidak dapat dilihat secara langsung. Ada beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk mengetahui lancarnya perut Si Kecil, yaitu melalui pola buang air besar (BAB). Pola BAB melingkupi frekuensi, konsistensi feses, dan juga warna feses.

Dalam waktu 24 jam setelah si Kecil dilahirkan, ia akan mengeluarkan kotoran pertamanya yang disebut mekonium. Pada keadaan normal, mekonium akan keluar 2 – 3 kali setiap harinya. Pada minggu pertama kelahiran, ASI bersifat sebagai pencahar alami sehingga mekonium keluar dari tubuh. Pada usia 7 – 14 hari, warna feses coklat dan tidak lengket. Warna dan konsistensi feses si Kecil dapat berbeda tergantung apa yang dikonsumsi. Jika Si Kecil mengonsumsi ASI, warna feses cenderung berubah menjadi kuning dengan konsistensi lembek dan jika Si kecil mengonsumsi susu formula, konsistensi fesesnya lebih kental dengan warna kehijauan.

Frekuensi BAB bayi baru lahir memang lebih sering dibandingkan dengan bayi atau anak yang lebih besar. Hal ini disebabkan beberapa organ dan enzim yang berperan dalam proses pencernaan belum berfungsi optimal. Bayi berusia 1 minggu rata-rata memiliki frekuensi BAB 2 – 8 kali sehari. Seiring bertambahnya usia, frekuensi BAB pun akan berkurang.

Pada usia 1 tahun, rata-rata si Kecil BAB 1 – 2 kali sehari. Untuk anak usia 2 tahun yang sudah memilih makanan yang akan di makan, pola BAB dipengaruhi oleh makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Oleh karena itu, ibu perlu memberikan makanan yang mengandung cukup serat sehingga Si Kecil memperlihatkan frekuensi BAB yang sehat dengan konsistensi feses lebih lunak.

Selain mengetahui lancarnya pencernaan Si Kecil, ibu juga perlu mengetahui berbagai hal seputar perut agar Si Kecil dapat tumbuh menjadi anak hebat. Ibu dapat menemukan 7 kehebatan perut serta kesehatan perut di www.bebeclub.co.id/7kehebatanperut/.

Sumber: Buku Manfaat Kesehatan Saluran Cerna 12 - 13