Tips & Advice 0-6 Bulan

Rutinitas Tidur Bayi

Lebih Awal Lebih Baik

Selain membawa kebahagiaan, kehadiran si Kecil juga membawa kebiasaan-kebiasaan yang membuat Ibu harus menyesuaikan diri. Kini Ibu sulit untuk bisa tidur malam secara nyenyak, karena si Kecil sebentar-sebentar pasti terbangun. Lalu, bagaimana Ibu bisa mengatasinya?

Masalah di atas bisa Ibu atasi dengan menciptakan rutinitas. Dalam menciptakan rutinitas tidur untuk bayi, tidak ada cara yang paling benar dan paling cepat. Sabar ya Bu, si Kecil mungkin bisa mengikuti jadwal rutinitas tidur yang Ibu buat dengan cepat, tapi bisa jadi dia juga menolak untuk tidur sesuai jadwalnya, bahkan sampai umurnya beberapa bulan. Ini tentu bisa membuat Ibu merasa tertekan.

Usahakan untuk menciptakan rutinitas tidur sedini mungkin. Sejak bayi Ibu berusia 6 hingga 8 minggu, ia sudah mempunyai pola tidur di malam hari. Jika Ibu menciptakan rutinitas secara konsisten dan memberinya tanda-tanda kapan ia harus tidur, ia bisa tidur lebih lama tanpa mengganggu waktu istirahat Ibu.

 

Bagaimana Caranya Menciptakan Rutinitas Tidur untuk Bayi Ibu?

Bayi Ibu mungkin akan merasa lebih nyaman dan lebih mudah tertidur bila sudah terbiasa dengan pola tertentu menjelang tidur. Apa sih kebiasaan-kebiasaan menjelang tidur yang bisa Ibu terapkan pada si Kecil?

  • Biasakan ia tidur siang secara teratur tapi tidak terlalu lama. Ini untuk mencegah ia susah tidur di malam hari. Jangan takut untuk membangunkannya ya Bu bila ia tidur terlalu lama (lebih dari 2 jam).
  • Ajari membedakan siang dan malam. Pada siang hari, biarkan ia terbiasa dengan suara-suara orang di sekitarnya, ajak ia bermain, biarkan sinar matahari masuk, dan jaga kamarnya selalu terang. Sementara malam hari ciptakan suasana yang tenang, sepi, dan temaram.
  • Ciptakan rutinitas menjelang tidur, terutama untuk tidur di malam hari. Mandikan si Kecil dengan air hangat agar ia lebih rileks, kenakan baju tidur yang lembut dan nyaman (usahakan dari katun yang menyerap keringat), redupkan lampu kamar, belai dan nyanyikan Nina Bobo dengan lembut, bacakan cerita dengan suara lembut, dan beri ciuman selamat tidur.
  • Menyusui bayi menjelang tidur, tapi jangan lakukan sampai ia tertidur ya Bu. Ini untuk mencegah ia selalu ingin disusui ketika tidur. Bayi yang kenyang bisa tidur lebih nyenyak, dan ia akan terbangun lagi bila merasa lapar.
  • Biarkan ia tertidur dengan sendirinya. Baringkan bayi Ibu di tempat tidur ketika ia masih terjaga, jangan menimang atau menggendongnya, karena sekali Ibu melakukan ini, dia akan terus menginginkan Ibu untuk melakukannya. Repot kan?
  • Bangunkan bayi Ibu di pagi hari, agar ia terbiasa kapan harus bangun dan kapan ia tidur.

Rutinitas tidur ini selain baik untuk bayi, juga baik untuk Ibu lho. Dengan jadwal tidur si Kecil yang teratur, Ibu juga bisa beristirahat untuk memulihkan diri setelah lelah merawatnya seharian.

 

Tips Menyusui Lebih Mudah di Malam Hari

Bayi Ibu tetap perlu disusui di malam hari. Hal ini tentu membuat Ibu tidak bisa tidur dengan nyenyak. Yuk, simak beberapa tips yang bisa membuat Ibu beristirahat lebih baik di malam hari.

  • Letakkan tempat tidur bayi di dekat tempat tidur Ibu. Ini akan membantu supaya Ibu tidak harus berjalan terlalu jauh dan bisa menyusui sambil setengah tertidur.
  • Tidur bersama bayi Ibu. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan jika Ibu atau suami adalah perokok, baru mengonsumsi minuman beralkohol, sedang dalam pengobatan dan harus minum obat yang menyebabkan ngantuk, atau saat Ibu merasa sangat lelah, karena semuanya dapat membahayakan bayi Ibu.
  • Buat bayi Ibu bersendawa setelah menyusu dan tenangkan hingga tertidur sebelum Ibu kembali tidur.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan ganti pakaiannya di pagi hari setelah Ibu menyusui atau memberinya makan. Dengan cara ini Ibu bisa kembali tidur setelahnya.
  • Berikan ASIP (ASI Perah) dan minta suami Ibu bergantian memberinya susu.

 

Setiap Bayi Berbeda Satu Sama Lain

Jangan merasa frustasi dan tertekan ya Bu, apabila rutinitas yang berusaha Ibu ciptakan tidak sesuai harapan. Bersabarlah dan lakukan apa yang menurut Ibu terbaik untuk Ibu dan bayi. Bicarakan dengan dokter atau konsultasikan dengan ahlinya bila Ibu khawatir dengan pola tidur bayi Ibu.

Tahukah Ibu?

Jika si Kecil merengek saat Ibu meletakkannya atau meninggalkannya, cobalah untuk menenangkannya terlebih dahulu. Tunggu sebentar hingga ia tertidur. Kehadiran Ibu di dekatnya bisa membuatnya lebih tenang dan nyaman, jadi jika memungkinkan dan tidak ada kegiatan lain yang harus Ibu lakukan, ada baiknya Ibu menemaninya tidur sambil sama-sama beristirahat.