Tips & Advice Balita

Silaturahmi Saat Lebaran Bersama si Kecil

Saat hari raya tiba, seluruh keluarga biasanya berkumpul dan bersilaturahmi. Suasana tentunya akan ramai sepanjang hari, yang terkadang membuat si Kecil merasa gelisah, terutama bila ia tidak terbiasa berada di lingkungan yang riuh dan gaduh. Salah salah, si Kecil malah menjadi rewel, merengek ingin pulang, dan menangis. Bagaimana cara untuk mengajaknya bergabung dengan keluarga besar?

  • Lakukan Secara Bertahap

Sebelum mengajak si Kecil ke acara halal bi halal keluarga dengan skala besar, cobalah untuk sering mengajaknya bertemu dengan sanak saudaranya dalam lingkup kecil, misalnya bertamu saat akhir pekan atau ke arisan. Bergabung ke acara keluarga yang lebih besar akan lebih mudah saat si Kecil merasa mengenali beberapa wajah yang juga hadir di sana.

  • Dokumentasi

Setiap kali si Kecil bertemu dengan sanak keluarga besar, usahakan untuk mendokumentasikannya lewat foto, lalu seringlah menunjukkan foto-foto itu agar si Kecil tak merasa asing dengan wajah-wajah yang ditemuinya nanti.

  • Minta Bantuan Sebayanya

Bila memungkinkan, mintalah bantuan sepupu atau keponakan yang sebaya dengan si Kecil atau yang sedikit lebih tua, untuk bermain bersamanya. Bila si Kecil merasa memiliki teman, ia akan lebih nyaman berada di tengah acara yang ramai.

  •  Bawa Mainan

Usahakan untuk tidak memberinya gadget ya, Bunda… karena tujuan si Kecil hadir ke acara keluarga besar adalah untuk berkenalan dengan sanak saudara, bukan berdiam diri di pojok ruangan dan bermain sendirian. Bawalah mainan yang bisa dimainkan banyak anak, misalnya kartu bergambar, UNO, ular tangga, dan sebagainya, sehingga sebayanya bisa ikut bermain bersama.

  •  Pastikan Kondisinya

Sebelum berangkat, periksa kondisi si Kecil. Bila ia sehat, cukup makannya, dan cukup istirahat, acara beramah tamah dengan keluarga besar akan relatif lebih lancar karena si Kecil merasa nyaman.

Selamat Hari Raya!