Tips & Advice 29-40 Minggu

Peran Ayah Saat Proses Persalinan


Buat Calon Ayah Merasa Nyaman

 

Suka cita menghadapi kehamilan seringkali membuat pikiran Ibu hanya terfokus pada bayi dalam kandungan. Akibatnya, banyak calon ayah merasa kehilangan perhatian istrinya atau tak tahu harus berperan apa saat si kecil hadir.

Untuk itu, jangan lupa melibatkan calon ayah pada setiap tahap kehamilan ya, Ibu. Buat ia merasa nyaman dengan kehamilan Ibu dan yakinkan bahwa tumbuh kembang buah hati merupakan tanggung jawab berdua.


Coba berbagi cerita sebanyak mungkin

 

Sering berbagi cerita tentang kehamilan dan tumbuh kembang bayi dapat membantu calon ayah merasa terlibat. Yakinkan bahwa Ibu akan sangat membutuhkan dukungan pasangan saat persalinan nanti. Jelaskan, apa saja peranan calon ayah saat si kecil lahir. Ada baiknya Ibu mengajak suami untuk bersama meminta saran dan ilmu dari kerabat yang sudah lebih berpengalaman dengan proses persalinan


Bagaimana calon ayah saat persalinan?

 

    • Libatkan calon ayah saat menyusun perencanaan persalinan. Jelaskan padanya bahwa Ibu sangat membutuhkannya sebagai pendamping persalinan nanti.

    • Saat mengikuti kelas prenatal, calon ayah dapat belajar teknik memijat yang baik untuk mengurangi keluhan sakit punggung yang kerap terjadi saat kehamilan dan persalinan nanti. Percayalah, sentuhan penuh kasih sayang akan menjadi obat mujarab bagi Ibu.

    • Mintalah pasangan untuk membantu Ibu merasa lebih nyaman. Misalnya membantu merubah posisi tidur Ibu, menepuk bantal, atau mengipasi Ibu saat merasa kegerahan.

    • Dukungan dan perhatian dari pasangan akan sangat membantu Ibu melewati perasaam lelah dan cemas menjelang kelahiran nanti. Kalimat penenang dari calon ayah biasanya akan membuat hati Ibu merasa lebih tenteram.

    • Jelaskan tentang kebutuhan dan keinginan Ibu saat persalinan nanti, agar pasangan tahu persis apa yang harus dilakukannya untuk membuat Ibu nyaman.