Tips & Advice 29-40 Minggu

Tips Hadapi Persalinan

Tips Hadapi Persalinan

Percayalah bahwa ikatan batin yang kuat antara Ibu dan bayi dalam kandungannya akan memberikan sinyal alami tentang kapan si Kecil akan lahir. Ibu cukup kenali tanda-tanda yang pasti agar dapat melalui setiap tahapan persalinan dengan tenang dan lancar. Rencana persalinan yang telah Ibu susun sebelumnya akan memberi banyak bantuan saat waktu melahirkan tiba.

Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Semakin banyak informasi yang Ibu ketahui tentang persalinan dan proses melahirkan, maka akan semakin baik. Pengetahuan dan pemahaman yang baik juga membuat Ibu merasa lebih siap dan percaya diri menyambut kehadiran si Kecil. Berikut ini beberapa cara memperoleh informasi akurat seputar persalinan dan melahirkan:

  • Kelas prenatal /antenatal. Selain sarana melatih fisik dan teknik persalinan, program ini juga berguna untuk mendapatkan informasi dan dukungan. Jadi, pilihlah rumah sakit yang memiliki kelas prenatal dengan dukungan instruktur ahli dan berpengalaman.
  • Buku dan video tentang persalinan. Ibu juga bisa bertanya pada instruktur di kelas prenatal tentang buku persalinan yang dapat menjadi referensi terpercaya
  • Banyak berkonsultasi dengan dokter kandungan yang memiliki banyak teori, saran, dan pengalaman mengenai persalinan dan melahirkan.
  • Melalui Bebeclub. Selain menemukan banyak informasi dan tips soal kehamilan, kelahiran dan perawatan bayi, Ibu juga dapat berkonsultasi dengan tim ahli berpengalaman di sini.

Cobalah untuk Tenang & Rileks

Ketenangan secara fisik dan emosional akan membantu tubuh Ibu mengikuti ritme saat melahirkan. Otot-otot Ibu akan lebih rileks dalam mengatasi tekanan saat proses melahirkan nanti. Sikap rileks juga dapat membantu Ibu bernapas lebih baik, sehingga bayi akan tenang karena mendapatkan banyak oksigen dari ibunya.

Latihan Ringan

  • Gravitasi bumi membantu merangsang kelahiran bayi Ibu. Tetap berada pada posisi tegak dan teruslah bergerak. Tegak bukan berarti berdiri ya Bu. Ibu bisa berjongkok, berlutut atau bersandar pada birthing ball.
  • Coba lakukan jalan santai. Selain itu, berlutut dan bersandar pada batal juga dapat membantu bayi menuju posisi di jalan lahir.
  • Mendengar musik juga membantu merangsang persalinan.

Buat Tubuh Ibu Merasa Nyaman

Sebenarnya setiap Ibu mempunyai cara yang berbeda untuk membuat tubuhnya merasa nyaman. Namun, Ibu dapat mencoba beberapa tips berikut ini:

  • Mandi di bawah shower atau berendam dalam air hangat akan memulihkan otot-otot yang lelah.
  • Minta suami memberikan pelukan saat terjadi kontraksi. Atau pijatan lembut di punggung bagian bawah untuk membantu mengurangi rasa nyeri.

Jangan Sungkan Meminta Dukungan Dari Orang Lain

  • Dukungan dari orang terdekat, seperti suami, anggota keluarga dan teman sangat bermanfaat untuk membuat Ibu merasa lebih tenang. Sejumlah pakar mengatakan bahwa gangguan saat persalinan umumnya tidak dialami Ibu yang merasa mendapat dukungan semangat dari orang-orang terdekatnya.
  • Dukungan keluarga juga akan membuat fisik Ibu lebih kuat. Bahkan obat penghilang rasa sakit biasanya tak terlalu dibutuhkan oleh Ibu yang selalu memperoleh dukungan dari orang terdekatnya.

Dokter serta staf medis yang mengikuti kehamilan Ibu hingga saatnya melahirkan, juga bisa menjadi sumber dukungan yang baik. Mereka memastikan bahwa Ibu merasa tenang dan percaya diri menghadapi persalinan.