Tips & Advice Balita

Melindungi Balita Ketika Bebas Bermain

 

Sistem daya tahan tubuh pada balita memang belum sebaik orang dewasa, Bu. Sangat dapat dipahami mengingat sistem metabolisme tubuhnya masih akan terus berkembang, terutama pada periode lima tahun pertama ini. Jadi, apa yang harus Ibu upayakan untuk membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh si Kecil?


Jawabannya adalah dengan mendukung berlangsungnya sistem pencernaan yang sehat. Sekitar 80% komponen daya tahan tubuh anak di awal masa pertumbuhannya berasal dari dominasi bakteri baik yang terdapat di dalam saluran cerna.


Nah, tugas Ibu adalah membantu menjaga pertumbuhan bakteri baik tersebut. Salah satunya adalah dengan memberikan ASI yang mengandung unsur prebiotik alami terbaik.

 

Berikut ini adalah fakta seputar kesehatan saluran cerna anak yang sebaiknya Ibu tahu:

  • Salah satu faktor kunci kesehatan saluran cerna adalah adanya dominasi bakteri baik dibandingkan bakteri patogen dalam saluran cerna.
  • Bakteri baik dalam saluran cerna akan membantu lancarnya pencernaan, penyerapan zat gizi dari makanan, dan yang terpenting dapat mengurangi pertumbuhan bakteri patogen. Hasilnya adalah daya tahan tubuh yang kuat.
  • Pertumbuhan bakteri baik dapat ditingkatkan dengan asupan bakteri prebiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri baik. Salah satu jenis prebiotik adalah Oligosakarida

 

Jadi, memberikan ASI pada bayi sama saja dengan memberikan bekal imunitas terbaik bagi kehidupannya kelak lho, Bu.