Mom's Pedia Balita

Vitamin Otak Untuk Anak Usia 45 - 47 Bulan

Saat diajak berkunjung ke rumah sepupunya Fian tampak senang. “Kita mau ke rumah Zara nih kak. Inget nggak di rumahnya ada apa?,” tanya Ibunya. “Kolam besar!,” jawabnya antusias. Wah hebat juga ya daya ingat si Kecil! Padahal sudah selang sebulan ia diajak ke sana. 

Di usia 3 tahun ini, jumlah hubungan sinaps di otak anak mencapai 1000 triliun. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah sinaps pada usia dewasa, Bu. Jadi, inilah yang menyebabkan kemampuan otaknya tajam.

Selain itu di 3 tahun pertama anak, otak juga akan berfungsi maksimal dengan menyerap semua informasi serta rangsangan. Jadi dengan menstimulasi buah hati secara optimal pada semua indranya dan memberinya kesempatan bereksplorasi, pertumbuhan otaknya pun akan optimal. 

Tapi ternyata masih ada faktor lain yang juga ikut berperan dalam merangsang kecerdasan anak yaitu vitamin untuk otak melalui asupan makanan yang tepat.

 

Asupan Berperan Penting

Selain stimulasi, ternyata asupan sehari-harinya juga berpengaruh. Makanan dengan gizi seimbang tidak hanya digunakan untuk perkembangan tubuh dan daya tahan terhadap penyakit. Tapi juga bisa meningkatkan daya ingat anak.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa salah satu peran penting makanan bergizi seimbang diantaranya sebagai pembangun jaringan otak. Yang kemudian akan digunakan untuk merekam berbagai masalah di dalam jaringan tersebut. 

Berikut makanan yang dijuluki “brain food” yang diyakini bisa  merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat serta konsentrasi berpikir anak. 

1. Ikan dan kerang-kerangan. Keduanya adalah sumber terbaik asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. 

2. Telur. Bagian kuning telur ini lah yang penting untuk makanan otak dan bisa membantu perkembangan memori atau daya ingat. 

3. Daging sapi. Kaya zat besi yang merupakan jenis mineral esensial untuk membantu anak tetap benergi dan berkonsentrasi. Selain itu juga mengandung mineral seng yang bisa memelihara daya ingat.

4. Daging ayam. Mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh. 

5. Keju. Sumber protein yang baik untuk memacu kerja otak.

6. Susu dan Yoghurt. Mengandung protein dan vitamin B tinggi yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. 

7. Gandum murni. Mengandung vitamin B yang fungsinya memelihara kesehatan sistem saraf. 

8. Oats. Kaya nutrisi yang penting bagi otak dan sumber vitamin E, B, potassium dan seng yang membuat fungsi otak & tubuh maksimal.

9. Kacang-kacangan. Kaya akan serat, vitamin B kompleks, zat besi dan magnesium yang semuanya penting bagu fungsi otak.

10. Buah dan sayuran berwarna. Mengandung banyak vitamin dan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan dan fungsi otak. 

11. Buah Berry (strawberry, blackberry, cherry dan blueberry). Mengandung vitamin C dan antioksidan antosianidin. Yaitu zat yang bisa melindungi kerusakan otak dari radikal bebas. 

Karena usia balita adalah masa emas yang menentukan perkembangan anak di masa depan, berikan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.