Mom's Pedia 0-6 Bulan

Mengenal Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Apa yang Terjadi Hingga Usia Bayi 1 Bulan?

 

Amati ya, Bu bagaimana si bayi tumbuh. Dari sejak pertama dilahirkan, hingga usianya 1 bulan, pertumbuhannya secara fisik mulai terlihat. Ia tidak terlihat terlalu ‘mengkerut’ lagi! Meskipun kakinya mungkin masih terlihat bengkok, kini ia sudah mulai bisa mengangkat sedikit kepalanya saat tengkurap. Tangannya yang masih suka mengepal akan menggenggam apapun yang disentuhnya secara otomatis. Ini adalah refleks alami yang dimilikinya sejak ia dilahirkan.

Sekarang bayi Ibu juga sudah mulai menggumam, mengeluarkan suara seperti mendengkur atau berdengung untuk mengungkapkan perasaannya. Beberapa bahkan sudah bisa bersuara seperti menjerit dan tertawa. Jangan lupa ya Bu untuk selalu menanggapi apa yang diungkapkannya, tatap matanya dan bayi Anda akan lebih gembira ‘berbicara’ sambil menatap Anda lho! Jangan merasa ‘aneh’ untuk berbicara menggunakan bahasa bayi, karena ini adalah langkah awal bayi Anda untuk belajar bicara dan memahami bahasa. Seiring bertambah usianya, gerak refleks yang dimilikinya saat ia baru lahir akan semakin bertambah dari. Kini ia bahkan sudah mengerti bahwa ia melakukan sesuatu untuk tujuan tertentu. Misalnya ia akan menendang-nendang saat lapar. Hebat kan Bu!

 

Setiap Bayi Berbeda Satu Sama Lain

 

Ingat selalu ya Bu, bahwa setiap bayi berbeda satu sama lain. Tahap-tahap perkembangan dan pencapaian yang berhasil dilakukannya di usia ini mungkin akan berbeda. Jadikan tahap pencapaian ini sebagai panduan, tapi jangan khawatir bila bayi Ibu sedikit lebih lambat. It’s okay, maybe they just need a little bit time!