Tips & Advice Balita

Tips Membangkitkan Selera Makan Balita


Dorong Si Kecil Menikmati Makanannya


Membahas soal pola dan kebiasaan makan balita memang tak ada habisnya. Setiap anak memiliki kebiasaan unik yang berbeda, mulai dari jenis makanan kesukaan, hingga cara memakannya. Si Kecil memang sedang memasuki tahapan perkembangan sifat, kepribadian, hingga kegemaran. Salah satu cara efektif membuat si Kecil menikmati makanannya adalah dengan melibatkannya saat Ibu memasak dan mempersiapkan makanan untuknya.


Buat Jadwal Makan Teratur



    • Menciptakan rutinitas makan sangat penting bagi anak kecil. Biasakan ia makan dan mengemil pada waktu yang sama setiap harinya. Upayakan untuk tidak memberinya makan mendekati jam tidurnya ya, Bu, karena anak akan cenderung mengantuk dan akhirnya tak menghabiskan makanannya. Selain itu, beri jeda perut kosong selama 1,5 - 2 jam sebelum waktu makannya agar si Kecil merasa lapar.

    • Selain tiga kali makanan utama, berikan juga snack sebanyak 2-3 kali pada si Kecil sepanjang hari. Pilih jenis cemilan yang sehat ya, Bu, seperti buah segar, buah kering lunak, crackers, kue beras, mini sandwich, potongan keju, atau sayuran segar.

    • Jangan memberikan terlalu banyak susu sebagai cemilannya sepanjang hari. Susu mempunyai efek mengenyangkan bagi perut si Kecil, sehingga bisa dikonsumsi berlebihan dapat mengurangi nafsu makannya. Jika si Kecil haus, berikan saja air putih.


Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan



    • Jadikan waktu makan sebagai kesempatan bercengkrama dengan si Kecil. Jika khawatir waktu makan malam keluarga terlalu telat untuknya, biarkan ia makan malam terlebih dahulu. Kemudian, saat anggota keluarga lain makan, biarkan ia menikmati cemilannya di meja makan.

    • Tawari si Kecil beberapa jenis makanan dan biarkan ia memilih mana yang ia sukai. Kebebasan untuk memilih ini akan membuatnya merasa lebih senang.

    • Berikan porsi makanan sesuai ukuran perut si Kecil. Lebih baik si Kecil sendiri yang meminta tambah saat ia merasa masih lapar.

    • Jangan paksa si Kecil menghabiskan makanan saat ia telah merasa kenyang.

    • Sajikan makanan dengan bentuk dan warna yang menarik. Misalnya memberi hiasan mata dari potongan wortel pada telur mata sapi, atau membuat kue dengan berbagai bentuk binatang.

    • Ajak si Kecil untuk menciptakan nama-nama unik pada berbagai jenis makanan. Misalnya Mister B untuk menyebut Brokoli, dan sebagainya.

    • Gunakan peralatan makan yang lucu dan menarik. Bila perlu, pilih peralatan dengan gambar tokoh kartun kesayangannya.

    • Sesekali, biarkan si kecil belajar makan sendiri. Berantakan? Sudah pasti! Tapi biarkan ia sesekali bereksplorasi dan menikmati makanan dengan caranya sendiri.

    • Ajak si kecil makan sambil bermain, misalnya pura-pura berpiknik di dalam rumah dengan menggelar karpet dan peralatan piknik lainnya. Jangan sungkan untuk sedikit bermain "drama" agar suasana makan menjadi menyenangkan bagi si kecil.


Ayo, Coba Libatkan si Kecil!



    • Biasanya, anak kecil akan bersemangat saat diajak belanja dan memilih sendiri makanannya. Apalagi jika diijinkan untuk ikut membantu memasaknya di rumah. Jangan heran, pengalaman seru ini akan membuat nafsu makannya melonjak lho, Bu!

    • Buat si kecil merasa tertantang dengan memintanya membantu mengambil jenis makanan tertentu di supermarket. Misalnya, minta ia mengambilkan tomat atau wortel. Beri pujian saat si kecil dapat mengambilkan makanan yang tepat sesuai permintaan Ibu.

    • Mengajak si kecil memasak memang terasa riskan ya? Tipsnya, biarkan ia membantu untuk hal-hal yang mudah dan aman. Misalnya, mencuci buah dan sayuran.

    • Biarkan si kecil menonton Ibunya memasak makanan. Ajak ia berbicara tentang makanan yang sedang Ibu siapkan, vitamin apa yang ada pada sayuran yang Ibu masak, dsb. Percaya deh, sambil duduk di kursinya, si kecil akan terpukau melihat Ibunya mengupas dan memotong aneka jenis bahan makanan.

Perlakukan Si Kecil Sebagai Individu


    • Meskipun masih kecil, balita seringkali punya selera tertentu tentang jenis makanan kesukaan atau cara penyajian makanannya.

    • Ibu dapat menyediakan peralatan makan khusus sesuai pilihan dan kesukaannya, agar si kecil makin bersemangat duduk menghabiskan makanannya.

Namun, meskipun Ibu memperhatikan kebebasan si kecil dalam memilih makanan, jangan lupa untuk tetap mengatur asupan nutrisinya ya, Bu. Lakukan pendekatan penuh kasih sayang saat memberinya pengertian tentang makanan sehat, atau pentingnya menghabiskan makanan agar cepat tumbuh besar. Selain itu, pintar-pintarlah berkreasi menciptakan kombinasi menu yang sehat dan menarik bagi si kecil. Di sini lah akan terasa asyik dan serunya menjadi seorang Ibu!

 

Selamat mencoba...