Tips & Advice Balita

Mengatur Rencana Keuangan untuk Pendidikan Anak di Masa Depan

Kelahiran sang Buah Hati adalah momen terindah sekaligus pengalaman yang tak tergantikan bagi Ayah dan Ibu. Ada banyak perubahan yang terjadi paska kelahiran sang Buah Hati, terutama perubahan fisik dan emosi.

Beragam persiapan seperti memilih perlengkapan bayi, mencari nama bayi, bahkan pengeluaran rumah tangga harus Ibu pikirkan matang-matang. Untuk itu perencanaan keuangan jangka panjang perlu dipraktekkan oleh Ibu, agar siap menopang masa depan sang Buah Hati dengan penuh percaya diri.


Ada beberapa tips yang bisa Ibu lakukan untuk merencanakan keuangan, yuk kita lihat bareng-bareng!


1. Mengatur Visi Pendidikan sang Buah Hati

Bukalah obrolan dengan Ayah tentang masa kecil masing-masing, karena biasanya pengalaman hidup Ayah dan Ibu bisa menimbulkan keinginan tertentu buat perkembangan sang Buah Hati. Setelah itu, Ayah dan Ibu bisa menyamakan visi dan persepsi dalam memberikan arahan untuk pendidikan sang Buah Hati.

2. Mengatur Perencanaan Pendapatan

Bagi para Ibu yang bekerja, membuat perencanaan pendapatan per bulan itu sangat penting. Rencana keuangan yang terkontrol akan memudahkan Ibu untuk melihat berapa banyak laba atau rugi dari total pendapatan keluarga.

3. Mengalokasikan Biaya Pendidikan Sang Buah Hati

Pendidikan yang terbaik adalah impian setiap orang tua yang ada di dunia. Oleh karena itu penting untuk membuat perencanaan keuangan yang matang, mengingat biaya pendidikan yang semakin menjulang tinggi dari hari ke hari. Jangan lupa untuk menyisihkan tabungan Ibu untuk pendidikan sang Buah Hati ya!

4. Asuransi Kesehatan & Jiwa

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, oleh karena itu penting sekali bagi Ibu untuk menyiapkan asuransi kesehatan dan jiwa untuk semua anggota keluarga.

5. Siapkan Investasi Jangka Panjang

Untuk pasangan keluarga muda, investasi adalah salah satu hal penting yang harus Ibu perhatikan. Rencana jangka panjang harus Ibu miliki untuk memulai sebuah investasi, sebagai contoh Ibu bisa mencoba investasi di bidang real estate, saham atau yang lain-lainnya.

 

Dengan berbagai tips yang telah disebutkan, diharapkan Ibu bisa memiliki pola keuangan yang teratur serta komitmen untuk menjalani perencanaan keuangan ini dengan baik, karena masa depan sang Buah Hati adalah murni tanggung jawab Ayah dan Ibu.