Tips & Advice 0-6 Bulan

5 Langkah Menyusui Optimal

Setelah bayi Ibu lahir dengan sehat, tahapan penting bagi tumbuh kembang selanjutnya adalah proses menyusui.  Jangan khawatir, menyusui itu mudah kok selama Ibu menikmati setiap prosesnya dan mengetahui caranya. Yuk, coba praktekkan 5 langkah menyusui optimal berikut ini:

  • Sebelum memulai menyusui, tekan areola di antara telunjuk dan ibu jari sehingga keluar 2-3 tetes ASI. Lalu oleskan ke puting dan areola. Tujuannya agar aroma susu menarik perhatian si Kecil dan ASI sendiri juga merupakan disinfektan alami untuk membersihkan puting.
  • Usahakan agar di saat bayi mengisap, mulutnya benar-benar sampai ke areola payudara. Isapan bayi pada area ini memberikan rangsangan yang memperlancar keluarnya ASI.
  • Setiap kali menyusui lakukan pada kedua belah payudara kiri dan kanan secara bergantian ya, Bu. Tujuannya agar bayi merasa kenyang dan payudara Ibu juga tidak bengkak sebelah.
  • Setiap bayi mempunyai insting kapan harus menyusui untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk itu, jangan terlalu kaku dengan penjadwalkan. Cukup upayakan menyusui tiap 2-3 jam sekali, atau setiap kali bayi Ibu memintanya.
  • Setelah selesai menyusui, oleskan ASI kembali seperti awal menyusui tadi. Biarkan kering oleh udara sebelum memakai bra. Cara ini berguna untuk mencegah iritasi ataupun lecet pada daerah puting atau areola.