Tips & Advice 0-6 Bulan

Tips dan Cara Memandikan Bayi

Asyiknya Memandikan Bayi Untuk Pertama Kali

Memandikan bayi selain penting untuk kesehatan, juga menjadi kesempatan bermain yang mengasyikkan lho, Bu! Sambil bermain air, Ibu dapat mengajarinya banyak hal. Tapi, memandikan bayi untuk pertama kali pasti akan menjadi pengalaman yang cukup mendebarkan Ibu.

Pihak rumah sakit biasanya menyelenggarakan kelas memandikan bayi bagi Ibu-Ibu yang usai melahirkan. Biasanya, perawat akan mengajari urutan mandi bayi dengan menggunakan boneka peraga. Tapi seringkali, tetap saja Ibu merasakan sedikit keraguan saat akan melakukannya sendiri di rumah untuk pertama kalinya. Tenang saja ya, Bu, hampir semua Ibu merasakan hal serupa.

Memandikan bayi dengan cara mengelapnya dengan waslap adalah cara yang paling sering dilakukan oleh Ibu baru. Untuk cara ini, letakkan bayi di atas perlak alas berlapis handuk kering. Bersihkan bayi dengan waslap dan air hangat. Lakukan di ruangan bersuhu hangat dan siapkan handuk hangat untuk mengeringkan bayi usai mandi.

 

Perlengkapan Memandikan Bayi

Agar Ibu dapat memandikan bayi dengan mudah, siapkan semua peralatan dengan baik, yaitu antara lain:

  • Bak mandi bayi plastik

Ukurannya lebih kecil dari bath-tub, sehingga lebih aman bagi bayi. Selain itu, Ibu juga lebih leluasa memindahkannya jika perlu memandikan bayi di ruangan yang lebih hangat. Agar pinggang Ibu lebih nyaman, Ibu juga bisa meletakkan bak mandi plastik ini di atas meja. Yang penting, tetap hati-hati ya, Bu.

  • Beberapa handuk kering hangat
  • Waslap atau sponge mandi bayi
  • Sabun mandi khusus bayi dengan pH netral dan non-parfum.
  • Popok bersih
  • Krim pelembab dan anti ruam popok
  • Pakaian bersih

 

Langkah Memandikan Bayi

  1. Saat memandikan bayi, pastikan tubuhnya tetap hangat ya, Bu. Salah satunya dengan menggunakan air hangat ruam-ruam kuku.
  2. Sebelum memandikan, siapkan air terlebih dahulu di dalam bak mandi bayi. Perhatikan suhu dan ketinggian air, agar tetap aman bagi bayi. Celupkan sikut Ibu ke dalam air untuk memastikan suhu tidak terlalu panas atau terlalu dingin.
  3. Lepaskan baju bayi, kemudian bersihkan mata, telinga, wajah dan lehernya secara perlahan dengan waslap/ handuk kecil lembut.
  4. Jika Ibu ingin mencuci rambut bayi baru lahir, ada baiknya melakukannya sebelum bayi dimasukkan ke dalam bak mandi. Bungkus bayi dengan handuk hangat dan sangga kepala serta bahunya dengan lengan. Usapkan shampoo pada kepala bayi secara perlahan. Saat akan membilas, bawa bayi ke bak mandinya dan sangga tubuhnya satu dengan lengan Ibu, sementara tangan Ibu yang satu membersihkan rambutnya dengan air. Usapkan air perlahan agar tidak terkena matanya ya, Bu.
  5. Saat akan memandikan bayi, Ibu dapat mengajak bayi berbicara dengan suara yang lembut. Buat ia merasa tenang saat tubuhnya masuk ke dalam air hangat. Sangga bayi dengan salah satu lengan Ibu, sementara tangan satunya dapat digunakan untuk menyirami tubuh baik dengan air secara perlahan.

 

Saat memandikan bayi, usahakan melakukan dengan hati-hati namun tidak terlalu lama. Ingat ya, Bu, bayi Ibu belum kuat berendam terlalu lama di salam air. Kulit bayi juga cenderung licin setelah disabuni, jadi perhatikan benar cara memegang bayi di dalam air ya, Bu. Setelah acara mandi selesai, segera keringkan tubuh bayi dengn handuk hangat dan kenakan popok serta pakaian.

Selama Ibu rileks dan menggunakan insting keibuan, takkan butuh waktu lama untuk belajar. Percaya deh, setelah Ibu mahir, rutinitas memandikan justru jadi salah satu momen menyenangkan bersama bayi Ibu.