Tips & Advice 1-12 Minggu

Nutrisi Ibu Hamil


Nutrisi Ibu Hamil


Nutrisi Ibu Hamil adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa kehamilan. Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu tumbuh kembang janin. Tujuannya adalah agar saat Si Kecil lahir, ia dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.


Sayangnya, tidak ada makanan yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan Ibu hamil. Oleh karena itu, Ibu perlu mengonsumsi makanan yang bervariasi dan mengetahui makanan apa saja yang mengandung zat gizi dan nutrisi penting bagi Ibu hamil, seperti berikut:


1. Kalori


Kalori adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh Ibu selama masa kehamilan. Namun, sebelum hamil Ibu membutuhkan kalori sebesar 2150-2250 kal perharinya dan bertambah sesuai dengan trimeseter kehamilannya. Pada trimester pertama, Ibu membutuhkan kalori tambahan sebanyak 180 perharinya yang bertujuan untuk menjaga energi selama kehamilan dan mendukung perkembangan Si Kecil. Sedangkan, pada trimester kedua, tambahan asupan kalori yang Ibu butuhkan setiap harinya yaitu 300 kalori atau setara dengan satu gelas susu dan semangkuk oatmeal. Sementara pada trimester ketiga, Ibu juga membutuhkan tambahan 300 kalori perhari untuk persiapan kelahiran bayi. Kalori yang Ibu konsumsi haruslah berasal dari sumber makanan yang bervariasi.


2. Protein


Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan pada organ tubuh Ibu, seperti otak, otot dan darah. Selama kehamilan penambahan protein yang diperlukan ibu adalah 20 gr per hari di setiap trimester. Protein dapat Ibu temukan dibeberapa jenis makanan, seperti makanan laut, daging tanpa lemak dan unggas, telur, serta kacang-kacangan, seperti kacang polong dan kacang kedelai.


3. Asam folat


Asam folat memiliki peranan penting, agar Si Kecil tidak lahir secara prematur. Tak hanya itu, asam folat juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan janin dan menjaga agar Si Kecil tidak mengalami cacat pada otak dan tulang belakang. Perlu diketahui, bahwa asam folat yang Ibu butuhkan berperan sebagai vitamin B yang sangat baik untuk Ibu dan Si Kecil. Ibu dapat memperoleh asam folat dari beberapa makanan, seperti roti gandum, kacang-kacangan, berries dan juga sereal.


4. Zat besi


Zat besi berfungsi untuk membantu tubuh Ibu dalam pembentukan darah, terutama sel darah merah dan menghindarkan Ibu dari risiko mengalami anemia. Jika Ibu anemia, maka tubuh tidak akan dapat memproduksi lebih banyak darah untuk menopang pertumbuhan bayi selama dalam kandungan. Zat besi terdapat pada hati, daging dan ikan.


5. Kalsium


Kalsium berfungsi untuk membantu pembentukan gigi serta tulang janin. Selain itu, kebutuhan kalsium yang terpenuhi selama masa kehamilan akan menghindarkan Ibu dari risiko terkena penyakit osteoporosis. Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi susu atau yoghurt rendah lemak. Semoga membantu!