Tips & Advice Balita

Mengajar si Kecil Mengendalikan Emosi di Bulan Puasa

Bu, apakah si Kecil tahun ini sudah mulai belajar berpuasa? Meski belum penuh menjalaninya dan lebih banyak meniru apa yang dilakukan Ayah dan Ibu, tak ada salahnya lho, mulai mengajarkan si Kecil untuk menahan emosinya. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Ajak Ia Bermain

Namanya juga anak-anak, tentu ia merasa senang bermain. Ajak si Kecil untuk memainkan permainan favoritnya. Dampingi ia saat bermain sehingga ia akan merasa terhibur dan senang.

  • Alihkan Perhatiannya

Saat si Kecil mulai terpancing emosinya, misalnya berebut mainan dengan saudara atau temannya, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya ke hal yang lebih menarik, misalnya menonton tayangan TV, memutar musik, atau mengajaknya pindah ke ruangan lain. Anak yang teralih perhatiannya biasanya akan cepat melupakan rasa marahnya dan kembali ceria.

  • Lontarkan Lelucon

Anak kecil biasanya senang melihat hal-hal yang lucu. Ibu bisa lho, lebih kreatif dengan menunjukkan hal-hal yang memancing tawanya, misalnya memakai topi yang lucu atau melontarkan lelucon yang disukai si Kecil. Intinya, buatlah ia tertawa dan melupakan kesedihan atau kemarahannya.

  • Ajak Bicara

Dengan suara lembut dan tenang, cobalah untuk menciptakan suasana yang nyaman untuk si Kecil. Mintalah ia untuk menceritakan kekesalan hatinya, lalu berikan solusi yang baik. Ingatkan juga kepadanya bahwa di bulan puasa, hendaknya tidak marah-marah atau meluapkan emosi secara berlebihan.

  • Sentuh Empatinya

Saat bulan puasa, tak ada salahnya mengajak si Kecil untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan amal, berbagi makanan dengan anak yatim, atau bersedekah. Dengan membiasakan si Kecil terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang membawa kebaikan, empatinya akan tersentuh sehingga ia akan lebih peka terhadap sesamanya.