Tips & Advice 0-6 Bulan

Yang Harus Ibu Lakukan Sebelum Menyusui

Proses menyusui sangat terpengaruh oleh suasana hati dan fisik Ibu. Untuk itu, cobalah lakukan beberapa persiapan agar aktivitas menyusui berjalan lancar dan menyenangkan


    • Suasana hati Ibu harus tenang saat menyusui. Lakukan hal-hal yang dapat membuat Ibu rileks dan tenang, misalnya dengan mendengarkan alunan musik sebelum dan selama menyusui.
    • Mandi air hangat sebelum menyusui juga dapat membantu Ibu menjadi lebih rileks lho! Air hangat juga dapat membantu aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga  sirkulasi susu yang dihasilkan juga lancar. Selain itu, air hangat juga membuat tubuh Ibu lebih bersih, sehingga meminimalkan resiko kontaminasi kuman dari tubuh Ibu kepada bayi saat menyusui.
    • Sediakan tempat dengan peralatan yang diperlukan, misalnya kursi yang nyaman, bantal untuk menopang bayi, hingga handuk kecil untuk menyeka mulut bayi sehabis menyusui. Agar Ibu nyaman saat menyusui, usahakan duduk dengan kaki tidak menggantung.
    • Pastikan kondisi fisik Ibu dalam keadaan bersih ya. Biasakan untuk mencuci tangan  sebelum menggendong bayi. Bersihkan juga kedua payudara dan puting susu Ibu dengan kapas yang telah direndam dengan air hangat sebelum mulai menyusui.
    • Mengkompres payudara akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan produktivitas susu. Selain itu, pijatan lembut berputar dari sisi atas ke arah areola payudara juga dapat membantu memperlancar ASI.

Selamat mencoba ya, Bu