Tips & Advice 1-12 Minggu

Penyebab Pusing pada Ibu Hamil

Penyebab Pusing pada Ibu Hamil

Perkembangan bayi dalam perut Ibu memang menuntut banyak penyesuaian pada metabolisme tubuh Ibu.  Salah satunya, volume darah yang meningkat sebagai upaya penyaluran oksigen dan nutrisi bagi bayi.

Tekanan pada pembuluh darah pun biasanya meningkat karena sirkulasi darah Ibu berlangsung cepat. Kondisi ini akan meningkat lagi di trimester kedua kehamilan. Inilah mengapa Ibu menjadi sering pusing dan tidak enak badan.

Cara Mencegah dan Mengatasinya

Perasaan pusing jelas membuat Ibu merasa tidak nyaman.  Agar kondisi ini tidak terjadi, Ibu dapat berupaya mencegahnya dengan beberapa tips ini:

  • Hindari bangun terlalu cepat dari tempat tidur atau kursi.
  • Jangan terlalu lama dan sering berendam dalam air panas (tubuh akan menjadi panas secara berlebihan).
  • Jangan berdiri terlalu lama ya, Bu. Jika terpaksa berdiri lama, cobalah tarik otot-otot perut sedikit ke dalam dan gerakan jari kaki agar sirkulasi darah tetap lancar. Hati-hati, ini sering terjadi saat keasyikan berjalan-jalan di mall terlalu lama!
  • Coba hirup minyak mentol atau minyak berbau segar.
  • Jangan biarkan perut lapar karena kadar gula darah bisa turun drastis. Siapkan selalu cemilan sehat dalam tas bepergian ya, Bu.
  • Selalu cek tekanan darah.
  • Minumlah cukup cairan agar tidak mengalami dehidrasi.

Tapi bila pusing terlanjur terjadi, Ibu tak perlu cemas. Coba atasi dengan makan sedikit tapi sering, agar perut selalu dalam kondisi kenyang dan gula darah stabil. Selain itu, saat Ibu merasa kegerahan, upayakan banyak minum dan cari udara segar. Olahraga rutin dan diet sehat berimbang juga dapat turut menjaga tekanan darah.

Kalau kondisi lemas, mual, dan pusing terjadi sangat sering selama hamil, apalagi bila disertai dengan penglihatan kabur, jangan tunda ke dokter ya Bu! Bila ada masalah serius, lebih cepat ditangani lebih baik.